Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Olahraga > Final Piala AFF Futsal 2022 : Timnas Futsal Indonesia Kalah Adu Penalti dari Thailand

Final Piala AFF Futsal 2022 : Timnas Futsal Indonesia Kalah Adu Penalti dari Thailand

Olahraga
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Final Piala AFF Futsal 2022 : Timnas Futsal Indonesia Kalah Adu Penalti dari Thailand

KABARINDO, BANGKOK – Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan timnas Futsal Thailand dalam adu penalti 3-5 di final Piala AFF Futsal 2022 pada Minggu (10/4/2022) malam WIB. Di balik kekalahan itu, menimbulkan sisi kontroversial.

Salah satu netizen di media sosial TikTok, dengan akun @akunnetralind2.0 meluapkan kekesalannya kepada wasit yang memimpin jalannya pertandingan final. Netizen itu menyebut Indonesia digembosi oleh Abdulrahman Ali Aldoseri, wasit utama di partai final Piala AFF Futsal 2022.

Di satu unggahannya memperlihatkan satu insiden yang menimpa pemain Indonesia. Dalam video tersebut netizen itu juga memberi caption bahwa wasit terlalu berpihak kepada Thailand.

Keputusan yang dimaksud si netizen adalah ketika salah satu pemain Indonesia diusir oleh wasit, setelah menerima kartu kuning kedua. Pemain Indonesia yang diusir itu adalah Evan Soumelina, salah satu top skor pasukan Garuda di Piala AFF Futsal 2022.

Evan menerima kena kartu kuning kedua setelah dituding menyikut kapten Thailand, Kritsada Wongkaeo. Insiden itu terjadi di akhir extra time babak pertama. Dari kejadian itu netizen Indonesia merasa skuad Garuda digembosi oleh wasit, lantaran mengetahui Evan merupakan sosok penting di kubu Timnas Indonesia.

Terlepas dari sisi kontroversial itu perjuanagan Timnas futsal Indonesia patut diacungi jempol. Sebab, perjalanan skuad Garuda ke final Piala AFF Futsal 2022 pun tidak mudah.

Ardiansyah Runtuboy dkk lebih dulu melewati rintangan di Grup A Piala AFF Futsal 2022. Mereka berhasil menyapu tiga kemenangan, dengan melumat Brunei Darussalam 12-0, menggilas Malaysia 5-1, dan membuat malu Kamboja 11-2.

Kemudian, perjuangan skuad Garuda berlanjut. Di babak semifinal, Timnas Indonesia berhasil menang 6-1 atas Myanmar dan menyegel satu tiket final Piala AFF Futsal 2022.

Di partai final pun, penampilan Indonesia sangat baik. Skuad Garuda sempat unggul 2-0 lebih dulu lewat gol Ardiansyah Runtuboy dan Evan Soumelina. Hanya saja, Indonesia mendapat kejutan dari Thailand yang bisa mengubah kedudukan jadi 2-2 dan memaksa pertandigan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, satu pemain Indonesia, Ardiansyah Runtuboy gagal mengekesekusi penalti dengan baik. Semenatara lima penendang Thailand mampu menyarangkan bola ke gawang Indonesia. Alhasil, Indonesia menyerah 3-5 dari Thailand dan memupuskan harapan meraih gelar juara keduanya.  (Foto: Twitter/@AFFPresse)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER