Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Fasilitas Inap di Rest Area Jalan Tol Bisa Bangkitkan Sektor Perhotelan

Fasilitas Inap di Rest Area Jalan Tol Bisa Bangkitkan Sektor Perhotelan

Ekonomi & Bisnis
Oleh : amritawa

BAGIKAN :
Fasilitas Inap di Rest Area Jalan Tol Bisa Bangkitkan Sektor Perhotelan

KABARINDO, JAKARTA - Selain hadir untuk memperlancar distribusi orang dan logistik, jalan tol di Indonesia secara lebih makro dapat meningkatkan kapasitas ekonomi daerah sekitar.

Salah satu hal yang bisa meningkatkan kapasitas ekonomi daerah sekitar jalan tol adalah fasilitas menginap atau hotel yang berdiri di rest area.

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto, pun menilai positif kehadiran fasiltas tersebut.

"Secara makro, kami melihat bahwa ini merupakan upaya positif untuk bisa membangkitkan sektor pariwisata nasional khususnya yang bersifat perhotelan," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (13/1/2022).

Eko Listiyanto pun berharap pelaku usaha penginapan di luar jalan tol tak perlu khawatir atau merasa tersaingi dengan fasilitas menginap di rest area. Lagi pula keduanya punya segmen pasar berbeda.

Fasilitas menginap di rest area bakal menyasar konsumen dengan mobilitas tinggi di jalan tol atau sedang dalam perjalanan jauh dan ingin beristirahat dengan lebih nyaman.

"Kendati nantinya terjadi persaingan antara fasilitas menginap di rest area dengan hotel di luar jalan tol, itu pada akhirnya bertujuan untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada konsumen," katanya.

Fasilitas Inap di Rest Area Jalan Tol Bisa Bangkitkan Sektor Perhotelan

"Semua segmen yang masuk atau menggunakan jalan tol berpotensi menjadi captive market bagi fasilitas menginap atau hotel rest area ini."

Eko Listiyanto pun menyebut fasilitas menginap di rest area (motel) sudah banyak ditemui di dalam jalan tol luar negeri.

Fasilitas serupa diyakini bakal makin menjadi kebutuhan di Indonesia seiring dengan meningkatnya arus lalu lintas atau pengguna jalan tol di Indonesia.

Sumber Berita: Antara
Foto: Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER