Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Ekonomi Syariah; Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

Ekonomi Syariah; Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

Ekonomi & Bisnis | Kamis, 1 Oktober 2020 | 11:51 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Ekonomi Syariah; Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

Ekonomi Syariah; Dorong Pertumbuhan Ekonomi Regional

BI Jatim Gelar Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa 2020

Surabaya, Kabarindo- Ekonomi syariah diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi regional. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Timur menggelar Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) 2020 sebagai salah satu rangkaian kegiatan menuju Indonesia Syariah Economic Festival (ISEF), sebuah event ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia.

Kegiatan tahunan berskala nasional yang diinisiasi oleh BI ini telah memasuki tahun ke-7 dengan mengambil tema Akselerasi Peran Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional. Kegiatan Fesyar Regional Jawa 2020 akan berlangsung pada 5-10 Oktober 2020 secara virtual, yang akan menampilkan dan mempromosikan berbagai produk serta kegiatan terkait ekonomi syariah secara terstruktur di seluruh regional Jawa.

Menurut Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, kegiatan tersebut dilakukan secara virtual, karena sedang dalam masa pandemi Covid-19. Hal ini diharapkan justru bisa memperluas jangkauan masyarakat untuk mengaksesnya.

Fesyar Regional Jawa 2020 terdiri dari Sharia Forum dan Sharia Fair. Sharia Forum merupakan rangkaian kegiatan seminar, talkshow & workshop serta business coaching. Sedangkan Sharia Fair menghadirkan virtual expo, fashion show, coaching clinic dan business matching.

“Kami mengundang seluruh masyarakat, karena acara Fesyar ini berlangsung secara virtual. Jadi tidak terbatas ruang. Kami juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin mendaftar untuk mengikuti kelas business coaching ataupun konsultasi coaching clinic UMKM secara virtual di www.FesyarJawa.com,” ujarnya.

Difi mengatakan, penyelenggaraan Fesyar tahun ini mengedepankan engagement antara BI dengan pelaku usaha, UMKM serta masyarakat luas lainnya. Pengembangan UMKM dan pendalaman ekonomi syariah tidak hanya berhenti pada momen Fesyar saja, namun BI berkomitmen untuk menindaklanjuti dan melakukan pendampingan sampai UMKM on boarding.

Harmanta, Deputy Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur, menambahkan berbagai upaya dalam mendukung UMKM go Global dan UMKM go digital juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan Fesyar. Pada tahun ini UMKM akan mendapatkan kelas business coaching secara khusus mulai dari branding, persiapan on boarding di marketplace, dukungan standarisasi produk makanan minuman yang layak edar, standarisasi halal hingga cara bagaimana meraih pasar global.

Imam Subarkah, Ketua Fesyar Regional Jawa 2020, mengatakan dalam mendukung akselerasi ekonomi syariah, BI terus bersinergi dengan Pemprov Jatim beserta stakeholders lainnya, antara lain seperti sinergi program OPOP yang memiliki potensi sangat besar dengan 3 pilar utama yang dimilikinya.

Difi mengatakan, Jawa berperan dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Ekonomi syariah terus berkembang dengan tren yang terus meningkat dalam 1 dekade. Dengan jumlah pesantren mencapai 75,51% dari total nasional, Jawa menjadi poros pemberdayaan ekonomi pesantren nasional. Pangsa penyaluran kredit syariah terhadap total kredit juga meningkat. Pada 2019 mencapai 6,1%, sedangkan penyaluran kredit syariah Jawa mendominasi dengan pangsa pasar mencapai 60%.

Difi menambahkan, berbagai kegiatan pra-Fesyar juga diadakan dalam mendukung akselerasi ekonomi syariah di Jawa khususnya di Jatim. Salah satu kegiatan yang banyak mendapat respon positif adalah lomba kreasi coklat. Antusiasme peserta terasa sampai di komunitas WNI di New York. Hal ini merupakan respon yang positif dalam mendukung ide-ide kreatif pengembangan industri coklat di Indonesia khususnya di Jatim.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER