Donor Darah Lions Club Surabaya Shining; Gandeng PMI 5 Kota

Donor Darah Lions Club Surabaya Shining; Gandeng PMI 5 Kota

Donor Darah Lions Club Surabaya Shining; Gandeng PMI 5 Kota

Diikuti 4.000 pendonor, ada bingkisan door prize setiap hari berupa uang tunai hingga barang elektronik

Surabaya, Kabarindo- Sebanyak 4.000 orang telah mendaftarkan diri untuk mendonorkan darah dalam kegiatan bakti sosial donor darah yang diadakan Lions Club Surabaya (LCS) Shining di Grand City Mall pada Sabtu (13/11) dan Minggu (14/11).

Donor darah tersebut diadakan dalam rangka HUT Lions Club Indonesia ke-52. Kegiatan di Surabaya menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dari Sidoarjo, Bangkalan, Gresik, Kota Malang dan Kabupaten Malang serta didukung oleh Kodam V Brawijaya. Kegiatan serupa juga diadakan serentak di sejumlah kota.

Edward Bintarto Atmadjie, President LCS Shining, mengatakan donor darah tersebut menargetkan 3.000 kantong darah selama 2 hari pelaksanaan. Namun ternyata masyarakat antusias untuk mengikuti dan telah terdaftar 4.000 pendonor.

Antusiasme tersebut bisa jadi karena pendonor akan mendapatkan bingkisan dan berbagai door prize menarik setiap hari berupa uang tunai hingga barang elektronik.

Donor darah tersebut diikuti masyarakat umum maupun anggota TNI. Banyak pendonor yang berasal dari luar Surabaya. Mereka datang ke lokasi sejak pagi dan sabar menunggu dipanggil untuk mendonorkan darah.

Banyak di antara mereka yang baru pertama kali mengikuti kegiatan donor darah. Salah satunya, Prada Sofet Loi, yang sudah 1 tahun menjadi anggota TNI dan kini bertugas di Denpom 54 Surabaya. Pemuda usia 21 tahun asal Nias ini mengaku baru pertama kali menjadi pendonor dan ia senang melakukannya.

“Ini pertama kali saya donor darah. Santai aja. Saya senang bisa mendonorkan darah untuk membantu sesama yang membutuhkan,” tuturnya.

Prada Sofet mengatakan akan rutin mendonorkan darah, karena menyadari manfaatnya. Untuk itu, ia akan selalu menjaga kondisi fisik dan kesehatannya.

Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Soeharyanto, yang diwakili Dandenkesyah Surabaya, Letkol CKM dr.Awaluddin Tj. MMRS., mengapresiasi kegiatan tersebut yang penting untuk menjaga ketersediaan stok darah di Surabaya.

Ia mengatakan, kegiatan donor darah bermanfaat besar bagi pendonor maupun penerima Pendonor bisa mengetahui kondisinya, karena kesehatannya diperiksa dulu sebelum mendonorkan darah. Donor darah juga memperlancar peredaran darah. Sedangkan si penerima akan terselamatkan nyawanya.

“Yang mendonorkan darah bisa tahu kondiri kesehatannya, karena diperiksa dulu. Sedangkan yang menerima dapat terselamatkan nyawanya,” ujarnya.