Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > Dewan Masjid Indonesia Perkuat Kerjasama Strategis dengan Eropa

Dewan Masjid Indonesia Perkuat Kerjasama Strategis dengan Eropa

Berita Utama | Kamis, 2 Februari 2023 | 17:22 WIB
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Dewan Masjid Indonesia Perkuat Kerjasama  Strategis dengan Eropa

KABARINDO, PARIS- Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (P) Dr. Syafruddin Kambo berkunjung ke Islamic Foundation/Masjid Agung di Paris, kunjungan diterima oleh Direktur Islamic Foundation Masjid Agung Paris Syaikh Dr. Mohamad Hafidz, 1/2.

Kunjungan dalam rangka memperluas dan memperkuat kerjasama strategis DMI dan ASFA Foundation dengan Islamic Foundation di Eropa yang bermarkas di Paris.

Syaikh Dr. Mohamaf Hafidz menjelaskan bahwa di Perancis terdapat 400 masjid dengan 136 Imam/khotib yang dikoordinir dari Masjid Agung Paris. 

Selain di dalam negeri, masjid Agung Paris yang diresmikan tahun 1926 juga menjadi pusat koordinasi bagi masjid-masjid lainnya di 6 negara di Eropa.

Imam dan khotib/ustadz yang terkoordinir oleh Masjid Agung Paris juga berperan dalam kegiatan kerohanian di beberapa institusi negara seperti kepolisian, militer dan lembaga pemasyarakatan di Perancis.

Syaikh Hafidz menyambut baik peningkatan jalinan kerjasama yang kuat dengan DMI dalam pertukaran imam dan khotib, sehingga masing-masing dapat mengambil pengalaman dan penerapan implementasi keIslaman di berbagai negara.

Menurutnya, Indonesia dipandang sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim yang menerapkan pandangan wasatiyat Islam, mempunyai karakter sebagai muslim yang positif, dan dapat menjadikan Islam sebagai pilar utama persatuan warga negaranya.

Sebelumnya, Islamic Foundation Masjid Agung Paris telah ikut dalam kegiatan sertifikasi halal yang telah diadakan di Jakarta.

Syaikh Hafidz mengaku senang dan mendapat kehormatan dengan kunjungan delegasi Dewan Masjid Indonesia dan ASFA Foundation.

Waketum DMI Haji Syafruddin menjelaskan bahwa Indonesia dengan kemajemukan suku, budaya dan rasnya, mampu mempertahankan kehidupan yang harmonis, toleransi dan saling menghormati, hal demikian dikarenakan pemahaman keIslaman yang ditanamkan dengan baik oleh para ulama Indonesia sejak dahulu kala hingga kini.

Pendiri ASFA Foundation Haji Syafruddin menambahkan, bahwa di Indonesia banyak sekali ormas Islam, namun memiliki orientasi kebangsaan yang baik dan pandangan tentang rahmatan lil alamin.

"Kemajemukan menjadi kekuatan Bangsa Indonesia", tegas Haji Syafruddin

Haji Syafruddin menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat lebih dari 800 ribu masjid dan 27 ribu pesantren yang mengajarkan tentang nilai-nilai dan sikap sebagai muslim yang positif.

DMI dan ASFA Foundation mengajak komunitas dan lembaga muslim di Eropa untuk berkunjung ke Indonesia, melakukan tukar pandangan dan mengambil pengalaman kehidupan keagamaan di Indonesia.

Selain di Eropa, ASFA Foundation juga akan melakukan kunjungan ke Mesir, Turki, Saudi Arabia dan Abu Dhabi dalam rangka memperluas dan memperkuat kerjasama dengan berbagai foundation dan lembaga keIslaman lainnya.

Dalam lawatannya di Eropa, Haji Syafruddin didampingi oleh Wakil Ketua DMI bidang organisasi Irjen Pol (P) Mas Guntur Laupe, Brigjen M.A. Chairuddin, Wasekjen DMI/Wakil Ketua Lazis ASFA KH. Anizar Masyhadi, Direktur Program DMI Buyung Wijaya, Bendahara Lazis ASFA Ustadz Pangeran Arsyad, Dokter Fajar Amansyah dan Tomi Lebang. Foto: Istimewa


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER