Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Dalam Dunia Medis Plasebo Banyak Pengaruhnya, Ini Efek dan Manfaatnya

Dalam Dunia Medis Plasebo Banyak Pengaruhnya, Ini Efek dan Manfaatnya

Gaya hidup
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Dalam Dunia Medis Plasebo Banyak Pengaruhnya, Ini Efek dan Manfaatnya

KABARINDO, JAKARTA- Pikiran dapat memiliki pengaruh yang kuat pada tubuh, dalam beberapa kasus, dapat membantu penyembuhan tubuh. Pikiran bahkan terkadang bisa menipu Anda untuk percaya bahwa pengobatan palsu memiliki hasil terapi yang nyata, sebuah fenomena yang dikenal sebagai efek plasebo.

Dalam beberapa kasus, plasebo dapat memberikan pengaruh yang cukup kuat untuk meniru efek perawatan medis yang sebenarnya.

"Efek plasebo lebih dari sekadar berpikir positif - percaya bahwa pengobatan atau prosedur akan berhasil. Ini tentang menciptakan hubungan yang lebih kuat antara otak dan tubuh dan bagaimana mereka bekerja bersama," kata Profesor Ted Kaptchuk dari Beth Israel Deaconess Medical Center, dikutip dari Harvard Health Publishing.

Efek plasebo didefinisikan sebagai fenomena di mana beberapa orang mengalami manfaat setelah pemberian zat atau pengobatan "mirip" yang tidak aktif. Plasebo bekerja pada gejala yang dimodulasi oleh otak, seperti persepsi rasa sakit.

"Plasebo mungkin membuat Anda merasa lebih baik, tetapi mereka tidak akan menyembuhkan Anda," kata Kaptchuk.

"Mereka telah terbukti paling efektif untuk kondisi seperti manajemen nyeri, insomnia terkait stres, dan efek samping pengobatan kanker seperti kelelahan dan mual."

Cara Kerja Efek Plasebo

Hingga saat ini cara kerja plasebo masih belum sepenuhnya dipahami. Namun mengutip WebMed, berdasarkan salah satu teori yang paling umum, efek plasebo disebabkan oleh harapan seseorang.

Jika seseorang mengharapkan pil untuk melakukan sesuatu, maka mungkin kimia tubuh sendiri dapat menyebabkan efek yang mirip dengan apa yang mungkin disebabkan oleh obat.

Efek plasebo melibatkan reaksi neurobiologis kompleks yang mencakup segala hal mulai dari peningkatan neurotransmiter perasaan-baik, seperti endorfin dan dopamin, hingga aktivitas yang lebih besar di daerah otak tertentu yang terkait dengan suasana hati, reaksi emosional, dan kesadaran diri.

"Efek plasebo adalah cara otak Anda memberi tahu tubuh apa yang dibutuhkan untuk merasa lebih baik," kata Kaptchuk.

Manfaat dari Efek Plasebo

Berdasarkan beberapa penelitian, yang dilansir dari VerywellMind, salah satu efek plasebo yang paling banyak dipelajari dan terkuat adalah dalam pengurangan rasa sakit. Menurut beberapa perkiraan, sekitar 30 hingga 60 persen orang akan merasa bahwa rasa sakitnya berkurang setelah minum pil plasebo.

Sementara plasebo dapat memengaruhi perasaan seseorang, sebuah tinjauan besar dari lebih dari 150 uji klinis yang melibatkan plasebo menemukan bahwa plasebo tidak memiliki efek klinis utama pada penyakit.

Sebaliknya, efek plasebo memiliki pengaruh kecil pada hasil yang dilaporkan pasien, terutama persepsi mual dan nyeri.

Sehingga semakin kuat harapan seseorang untuk merasa lebih baik, semakin besar kemungkinan seseorang akan mengalami efek positif. Hal yang sama tampaknya berlaku untuk efek negatif. Jika orang mengharapkan efek samping seperti sakit kepala, mual, atau kantuk, ada kemungkinan lebih besar dari reaksi tersebut terjadi.

Sumber; Liptuan6.com

Foto:cor-kinetic.com


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER