Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Ciptakan Mini Gym di Rumah; Wujudkan Tubuh Sehat dan Bugar

Ciptakan Mini Gym di Rumah; Wujudkan Tubuh Sehat dan Bugar

Gaya hidup
Oleh : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Ciptakan Mini Gym di Rumah; Wujudkan Tubuh Sehat dan Bugar

Ciptakan Mini Gym di Rumah; Wujudkan Tubuh Sehat dan Bugar

Ada berbagai peralatan dan produk olahraga yang dirancang dengan bahan lebih ringan dan minimalis

Surabaya, Kabarindo- Tidak terasa kita memasuki pertengahan tahun. Melirik kembali resolusi awal tahun, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bisa jadi salah satu harapan di bucket list 2021.

Di tengah pandemi, berolahraga rutin sepertinya harus menjadi kebiasaan baru demi hidup yang lebih sehat dan berkualitas. Anda bisa berolahraga di rumah dengan home workout equipment yang variatif ala gym versi mini untuk menemani healthy lifestyle anda.

“Menjalani hidup sehat bisa dilakukan dari rumah. Sekarang sudah ada berbagai peralatan dan produk olahraga yang dirancang dengan bahan lebih ringan dan minimalis, sehingga mudah disimpan saat tidak digunakan. Harganya bervariasi sehingga para penggemar olahraga bisa memilih sesuai dengan bujet mereka,” ujar Elsa Maria Pattie, Blibli.

Dengan ragam pilihan produk dan peralatan olahraga tersebut, kita bisa membuat mini-gym di rumah. Berikut adalah inspirasi untuk memulai olahraga dari rumah.

Berjalan untuk memelihara kesehatan jantung

Banyak sumber mengatakan bahwa berjalan selama minimal 30 menit tiap hari adalah kebiasaan baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sayangnya, tidak semua orang bisa melakukannya, karena minimnya outdoor area dan kondisi pandemi yang mengharuskan physical distancing. Walking pad bisa jadi solusi olahraga di rumah. Jangan takut makan tempat bagi pecinta hunian minimalis, karena walking pad bisa dilipat dan diselipkan dengan mudah. Sambil mendengarkan lagu, anda bisa berjalan dengan dengan speed range yang disesuaikan.

Perkuat otot dengan gowes di rumah

Bagi yang memiliki berat badan berlebih, pakar kesehatan menyarankan untuk memilih bersepeda sebagai olahraga rutin, karena tidak terlalu memberi tekanan pada persendian tubuh. Nah, sepeda statis adalah jawabannya. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, anda bisa memperkuat otot dengan gowes di rumah. Berolahraga dengan sepeda statis ini juga bisa diterapkan pada lansia, karena minim risiko. Biar tidak bosan, bisa sambil nonton drakor atau tontonan kesukaan, karena home workout equipment ini tidak menimbulkan suara berisik. Selain itu, anda bisa mengubah pengaturan beban kayuhan, waktu dan ketinggian dudukan sesuai kebutuhan.

Bakar kalori dengan melompat

Jika ingin olahraga yang lebih menyenangkan, melompat bisa jadi pilihan untuk dicoba. Skipping atau melompat dengan bantuan tali, kesannya sederhana. Namun cabang olahraga plyometric yang bermanfaat untuk membakar kalori ini bisa meningkatkan kemampuan otak, karena tubuh dan pikiran berkoordinasi membuat tempo dengan bergerak melompat. Perlengkapannya juga sederhana. Hanya butuh skipping rope dan konsistensi untuk melakukannya. Olahraga ini bisa dipadukan dengan workout lainnya seperti Muay Thai atau rangkaian gerakan HIIT (high-intensity interval training).

Bentuk badan dengan angkat beban

Jika ingin memiliki bentuk tubuh sesuai keinginan, perlu komitmen tinggi untuk melakukan olahraga yang membentuk otot. Dengan satu set dumbell, anda bisa melakukan beberapa simple exercise di rumah. Pilihlah dumbell yang beratnya sesuai dengan bobot tubuh. Pelajari gerakan sederhana di Youtube. Untuk hasil maksimal, fokuslah pada gerakan tubuh, bukan repetisi. Anda juga bisa melakukan olahraga ini di depan cermin untuk memastikan gerakan sudah dilakukan dengan baik.

Pantau perkembangannya secara rutin

Untuk memantau berat badan sekaligus progres olahraga yang telah anda lakukan secara rutin, jangan lupa sediakan timbangan di home gym anda. Lakukan pengecekan berat badan secara berkala dengan timbangan badan digital yang bisa menampung beban hingga 180 kg. Desainnya yang minimalis membuat penggunaannya awet serta tidak mengganggu suasana bila diletakkan di pojok ruangan.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER