Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Olahraga > Chow Yun Damanik Batal Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Chow Yun Damanik Batal Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Olahraga | Selasa, 31 Oktober 2023 | 15:01 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Chow Yun Damanik Batal Bela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023

Chow Yun Damanik, pemain diaspora timnas U-17 Indonesia, mengalami duka mendalam setelah dipastikan tidak dapat berpartisipasi dalam Piala Dunia U17 2023. Hal itu diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Chow Yun Damanik sebelumnya ikut dalam program pemusatan latihan (TC) timnas U-17 Indonesia bersama pelatih kepala Bima Sakti di Jerman. Namun Chow Yun Damanik dipastikan tidak dapat memperkuat timnas U-17 Indonesia karena masalah administrasi.

Chow Yun Damanik tidak dapat dimasukkan ke dalam skuad Garuda Muda Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023 karena masalah terkait paspor. Hal ini terjadi karena ibunya telah berpindah kewarganegaraan.

Ibu Chow Yun Damanik yang merupakan WNI ternyata sudah memiliki paspor Swiss. Jika melakukan proses perpindahan warga negara tentu waktunya bakal mepet mengingat gelaran Piala Dunia U17 2023 akan dilangsungkan pada tanggal 10 November mendatang.

Dengan gagalnya pemain yang saat ini membela Lausanne U-17 tersebut membuat dirinya bersuara. Melalui Instgram pribadinya, dirinya mengungkapkan rasa sedih tidak bisa ikut tampil diajang Piala Dunia U-17.

"Halo semuanya, saya rasa kalian semua sudah mendengar rumor yang sudah beredar.”

“Jadi ya saya tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 bersana timnas Indonesia karena masalah paspor," kata Damanik dikutip dari akun Instagram miliknya.”

"Saya orang pertama yang bersedih tapi itulah hidup. Saya akan fokus pada tujuan saya dan melangkah maju," kata Chow Yun Damanik.

Meski gagal membela timnas U-17 Indonesia, Chow Yun Darmanik masih bisa bermain untuk timnas Indonesia. Nantinya, Chow Yun Darmanik bisa melewati jalur naturalisasi untuk bermain bersama skuad Garuda.

Langkah itu diperlukan untuk menerbitkan bakat-bakat pemain keturunan Indonesia. Dengan hal itu persyaratan untuk menjalani naturalisasi khusus adalah usia minimal 18 tahun sesuai dengan Pasal 5 ayat 1 Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) No. 10 tahun 2023.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Apabila tidak bisa gabung sekarang, Chow Yun Darmanik bisa bergabung dalam timnas Indonesia usia senior.

"Kalau tidak bisa sekarang nanti kan bisa Kita sudah punya database kan."

"Mudah-mudahan nanti pas mulai masuk senior sudah bisa kita naturalisasi," ucap Arya.

Dengan absennya Chow Damanik maka Timnas Indonesia U17 hanya akan diperkuat dua pemain keturunan saja. Mereka adalah Welber Jardim dan Amar Rayhan.

Di Piala Dunia U-17 2023  timnas u-17 Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama. Seluruh pertandingan timnas U-17 Indonesia digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

Laga perdana tim asuhan Bima Sakti akan melawan Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya ,Jumat, (10/11/2023), pukul 19.00 WIB. (satria)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER