Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Bus Sekolah di Banyumas Akan Kembali Beroperasi Mulai 11 Januari

Bus Sekolah di Banyumas Akan Kembali Beroperasi Mulai 11 Januari

Ekonomi & Bisnis | Senin, 10 Januari 2022 | 15:51 WIB
Editor : Nara Ibrahim

BAGIKAN :
Bus Sekolah di Banyumas Akan Kembali Beroperasi Mulai 11 Januari

KABARINDO, BANYUMAS - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali mengoperasikan bus sekolah gratis mulai 11 Januari 2022 seiring dilaksanakannya pembelajaran tatap muka secara penuh atau 100 persen di wilayah itu.

"Bahkan kami menambah satu koridor lagi, yakni Binangun-Banyumas. Sebelumnya hanya satu koridor, Kemawi-Banyumas, namun berhenti karena anak-anak mengikuti pembelajaran jarak jauh di rumah seiring dengan adanya pandemi," kata Kepala Dinhub Banyumas Agus Nur Hadie didampingi Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Taryono di Purwokerto, Banyumas, Senin.

Ia mengatakan pada 2019 Dinhub Banyumas telah membuka layanan bus sekolah gratis untuk Koridor 1 Kemawi-Banyumas yang dilayani dua unit bus, masing-masing berkapasitas 36 penumpang terdiri atas 26 tempat duduk dan 10 handgrip (pegangan bagi penumpang yang berdiri).

Selanjutnya pada 2020, kata dia, Dinhub Banyumas mendapat tambahan dua unit bus sekolah gratis yang diujicobakan untuk koridor baru dengan rute Banyumas-Pekunden-Pasinggangan-Binangun.

"Rute Banyumas-Pasinggangan-Binangun sudah 16 tahun tidak terisi angkutan pedesaan, sehingga banyak anak sekolah yang naik kendaraan bermotor sendiri. Bus sekolah gratis ini untuk melayani anak-anak sekolah di wilayah yang tidak tersentuh angkutan umum," katanya.

Lebih lanjut Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Taryono mengatakan Koridor 1 yang kembali akan dioperasikan mulai 11 Januari akan melayani rute seperti sebelumnya, dengan menggunakan bus berkapasitas 36 penumpang yakni berangkat dari Halte Kemawi pada pukul 05.45 WIB.

Sementara untuk jalur kepulangan berangkat dari SMPN 1 Somagede menuju Halte Kemawi dengan melalui SMK Muhammadiyah Somagede, SMPN 2 Somagede, dan Halte Klinting.

Menurut dia, Koridor 2 rute Binangun-Pasinggangan-Pekunden-Banyumas dilayani dua kendaraan berkapasitas masing-masing 19 penumpang. 

"Kalau Koridor 1 yang satu unit dikhususkan untuk antar-jemput siswa-siswa dari Kemawi yang ke arah Kecamatan Somagede seperti SMPN 1 Somagede, SMP PGRI Somagede, maupun SMK Muhamadyah, kemudian yang satu unit lainnya ke arah Banyumas. Sementara untuk Koridor 2, satu unit diarahkan untuk melayani anak-anak dari Pasinggangan yang banyak bersekolah di SMPN 4 Banyumas, sedangkan satu unit ke arah SMPN 1 Banyumas, SMPN 2 Banyumas, dan sejumlah SMA/SMK di Banyumas," katanya.

Terkait dengan jam kepulangan, dia mengatakan hal itu disesuaikan dengan waktu kepulangan anak sekolah saat sekarang yakni pukul 11.15 WIB untuk SMP dan pukul 11.30 WIB untuk SMA/SMK. 

Sumber; Antara


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER