TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Internasional > Burkina Faso Berkabung Dua Hari Setelah 41 Orang Tewas

Burkina Faso Berkabung Dua Hari Setelah 41 Orang Tewas

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Burkina Faso Berkabung Dua Hari Setelah 41 Orang Tewas

KABARINDO, OUAGADOUGOU – Terbunuhnya 41 anggota milisi sipil di gurun utara Burkina Faso oleh tersangka militan menyebabkan pemerintah menetapkan masa berkabung resmi selama dua hari, laporan Reuters Minggu (26/12) menyebutkan.

Para anggota milisi sipil yang tewas adalah bagian dari Relawan Pertahanan Dalam Negeri (VDP), sebuah kelompok yang didanai dan dilatih pemerintah untuk menahan pemberontak. 

Mereka disergap pada hari Kamis (23/12) saat menyapu daerah terpencil di provinsi Loroum utara, kata pihak berwenang pada hari Sabtu.

Kejadian Itu menjadi salah satu kerugian satu hari terberat yang dialami milisi sipil hingga saat ini.

Satu bulan yang lalu, serangan terhadap pos gendarmerie menewaskan 53 orang - serangan terburuk terhadap pasukan keamanan Burkinabe dalam beberapa tahun.

"Dalam keadaan yang menyakitkan ini dan sebagai penghormatan kepada VDP yang gagah berani dan warga sipil yang gugur dalam membela tanah air, Presiden Burkina Faso menetapkan masa berkabung nasional selama empat puluh delapan jam, mulai Minggu," kata juru bicara pemerintah Alkassoum Maiga dalam sebuah pernyataan.

Burkina Faso Berkabung Dua Hari Setelah 41 Orang Tewas

Sudah Banyak Korban Sipil Tewas

Pihak berwenang telah menghadapi protes berulang kali dalam beberapa bulan terakhir atas kegagalan mereka untuk mengekang pemberontakan ekstremis Islam selama empat tahun, yang telah menewaskan ribuan orang di seluruh Wilayah Sahel Afrika dan memaksa lebih dari satu juta orang meninggalkan rumah mereka.

Militan yang terkait dengan Al Qaeda dan ISIS telah menimbulkan banyak korban di tentara di kawasan itu, membunuh tentara di Burkina Faso, Niger dan Mali hampir setiap minggu dalam serangan yang tersebar.

Tentara Burkinabe mengatakan sekitar 100 gerilyawan tewas awal bulan ini dalam serangan gabungan yang melibatkan ratusan tentara dari Burkina Faso dan Niger, yang juga menyita senjata, alat peledak rakitan, dan ratusan sepeda motor. ***(Sumber: Reuters; Foto: Makalukhabar, Geopolitical Monitor)


RELATED POSTS


Home Icon
https://next.seattlechildrens.org//