Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > BI Jatim Siapkan Rp.7,7 Miliar, Layani Kebutuhan Penukaran Uang di 5 Pulau Terpencil

BI Jatim Siapkan Rp.7,7 Miliar, Layani Kebutuhan Penukaran Uang di 5 Pulau Terpencil

Ekonomi & Bisnis | Jumat, 6 Oktober 2023 | 23:49 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
BI Jatim Siapkan Rp.7,7 Miliar, Layani Kebutuhan Penukaran Uang di 5 Pulau Terpencil

BI Jatim Siapkan Rp.7,7 Miliar, Layani Kebutuhan Penukaran Uang di 5 Pulau Terpencil

Surabaya, Kabarindo- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Timur menyiapkan uang tunai sekitar Rp.7,7 miliar untuk melayani penukaran uang baru di 5 pulau yang merupakan daerah 3T (Terluar, Terdepan dan Terpencil) di Madura.

Deputi Kepala BI Jatim, Bandoe Widiarto, menyebutkan kelima pulau tersebut adalah Pagerungan Besar, Pagerungan Kecil, Tanjung Kiaok, Kepulauan Raas dan Gili Genting. Kegiatan tersebut merupakan Ekspedisi Rupiah Berdaulat sebagai kerja sama BI dengan TNI Angkatan Laut yang akan dilaksanakan pada 7-12 Oktober 2023.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jawa Timur, Doddy Zulverdi, mengatakan tim BI Jatim dan TNI AL Koarmada II akan berlayar ke lima pulau tersebut untuk melayani penukaran uang yang lusuh atau pun rusak dari masyarakat.

Bandoe menjelaskan, BI Jatim menyediakan uang tunai sekitar Rp.7,7 miliar yang terdiri dari uang pecahan kecil 20 ribu ke bawah sebanyak Rp.5 miliar, sisanya uang pecahan besar 50 ribu ke atas.

“Uang pecahan kecil sangat dibutuhkan masyarakat di daerah 3T, karena sering digunakan untuk transaksi. Hal ini membuat uang pecahan kecil cenderung cepat lusuh atau rusak,” ujarnya dalam Bincang Bareng Media (BBM) pada Kamis (5/10/2023).

Selain memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru, BI Jatim juga akan melakukan kegiatan sosial dan edukasi di kelima pulau tersebut. Edukasi ini terkait deteksi uang palsu dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) serta cara merawat uang Rupiah.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER