Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Bersama PBNU, Kominfo Gelar Pelatihan Digital

Bersama PBNU, Kominfo Gelar Pelatihan Digital

Berita Utama | Selasa, 23 Juli 2024 | 06:05 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Bersama PBNU, Kominfo Gelar Pelatihan Digital

KABARINDO, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan Pelatihan Digital Leadership Academy (DLA).

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mempersiapkan calon smart digital leader yang mampu mendorong pertumbuhan industri digital nasional.

"Pemimpin digital yang cakap dan kompeten memiliki peran yang strategis dalam mengakselerasi transformasi digital nasional," katanya dalam Pembukaan Program Pelatihan Digital Leadership Academy Mitra Nahdlatul Ulama Tahun 2024 di Jakarta, Senin.

Ia menekankan bahwa keterampilan pemimpin digital juga diperlukan untuk terus menciptakan inovasi digital, khususnya dalam sektor keagamaan.

Menurut dia, berbagai inovasi digital telah bermunculan seperti hadirnya dakwah digital yang memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan konten keagamaan secara luas dan kreatif.

Selain itu, terdapat aplikasi bank syariah digital untuk membantu kehidupan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan syariah secara digital.

Ia optimistis kepemimpinan digital memiliki berperan penting dalam mendorong inovasi.

"Pesatnya laju transformasi digital memberikan ruang yang besar untuk individu menjadi pemimpin digital," katanya.

Menteri Budi menyampaikan untuk merespons dinamika teknologi digital dan kebutuhan talenta digital pada masa depan diperlukan penyesuaian dan upskilling keahlian digital.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berupaya mengembangkan kompetensi pemimpin digital dengan tiga keterampilan utama atau digital triathletes, yakni pemimpin yang responsif terhadap tren dan perkembangan teknologi baru, pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mendorong inovasi berbasis data, dan pemimpin yang mampu menginisiasi kolaborasi strategis demi mencapai visi organisasi yang telah ditetapkan.

Ia juga mengapresiasi Nahdlatul Ulama sebagai salah satu mitra dalam penyelenggaraan DLA. Pelatihan DLA dengan Mitra NU Tahun 2024 diikuti 55 peserta berlangsung pada 22-26 Juli 2024.

Hadir pula Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dan jajaran pengurus PBNU, dan Head of Public Finances and Government Performance Prospera Australia Roksana Khan dalam acara itu.

Dalam acara pembukaan, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hary Budiarto, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Ismail, dan Inspektur Jenderal Arief Tri Hardiyanto.

"Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada seluruh peserta DLA, karena telah bergabung dalam lokomotif SDM digital unggulan bangsa," ucapnya.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Staquf menyatakan nota kesepahaman dengan Kominfo sudah ditandatangani pada 2022 untuk trasformasi digital di NU yang kemudian diluncurkan platform NU Digdaya.

“Sehingga tidak ada kertas di organisasi NU, semuanya sudah digital,“ kata dia.

Menurut dia, pola pikir digital diperlukan di antara para pimpinan NU agar platform digital bisa digunakan dan dikelola.

Ia menyebut NU terus membesar sehingga hanya dengan teknologi digital organisasi dapat dikelola dengan baik.

“PBNU akan memaksakan agar mindset digital ditransformasi, walaupun bakal penuh kerja keras,“ ujar KH Yahya Staquf.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER