Benarkah Indonesia Terancam Sanksi Dari Badan Anti Doping Dunia?

Benarkah Indonesia Terancam Sanksi Dari Badan Anti Doping Dunia?

JAKARTA, Kabarindo.com: Dianggap tidak mematuhi prosedur pengujian, Badan anti-doping dunia (WADA) menjatuhkan sanksi pada Indonesia.

 

Hal dinformasikan dalam pernyataan resminya yang dikutip dari situs resmi WADA 7Oktober 2021 lalu, Indonesia dianggap tidak patuh terhadap pengujian anti doping yang efektf. Dampak dari sanksi WADA ini, Indonesia terancam tidak bisa menggelar berbagai kejuaraan regional dan internasional.

 

Bukan hanyaIndonesia saja sebagai satu-satunya negara yang terancam sanksi WADA. Korea Utara dan Thailand juga terancam hukuman dari badan anti doping dunia tersebut. Indonesia dan Korea Utara terancam sanksi dengan alasan yang sama, yaitu tidak mematuhi prosedur pengujian yang efektif.

 

Sementara Thailand gagal menerapkan kode atau prosedur anti doping yang WADA sudah tetapkan. Sebagai dampak sanksi tersebut, para atlet dari tiga negara itu masih bisa berkompetisi di ajang regional dan internasional namun tidak diperbolehkan membawa bendera kebangsaan,

 

Lalu, lagu kebangsaan tidak boleh diputar jika ada atletnya yang meraih emas. Hal ini pernah terjadi pada Rusia yang tidak diperbolehkan memutar lagu kebangsaan dan membawa bendera nasional saat Olimpiade Tokyo 2020 akibat sanksi WADA.