Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Gaya hidup > Beberapa Cara Efektif Menghilangkan Kutu Beras di Rumah Secara Alami

Beberapa Cara Efektif Menghilangkan Kutu Beras di Rumah Secara Alami

Gaya hidup
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Beberapa Cara Efektif Menghilangkan Kutu Beras di Rumah Secara Alami

KABARINDO, JAKARTA- Beras yang berkutu sebenarnya masih dapat dikonsumsi asalkan tidak benar-benar rusak dan lembap, serta populasi kutu beras tidak terlalu banyak. Jika kondisi beras masih bagus, beras masih dapat dicuci sampai bersih untuk kemudian dimasak dan dikonsumsi.


Cara menghilangkan kutu beras dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Dengan menerapkan cara ini, stok beras akan terbebas dari kutu.
Kutu beras berasal dari serbuk halus beras atau disebut sebagai tepung beras. Dari serbuk halus itulah saat suhunya lembap dan stabil dapat menghasilkan telur kutu beras hingga menetas menjadi larva dan kutu beras.

Cara Menghilangkan Kutu Beras
Mengusir kutu beras mudah dilakukan. Tak hanya pada beras, hal yang sama juga bisa dicoba di stok makanan rawan kutu lainnya, seperti gabah, tepung, gandum, bulir jagung, atau biji-bijian.

1. Jemur beras yang berkutu

Cara menghilangkan kutu beras yang paling mudah ketika beras sudah telanjur berkutu adalah dengan menjemurnya di bawah panas sinar matahari.
Melansir IndiaToday, kutu beras tidak menyukai sinar matahari dan akan mencari tempat yang lembap dan gelap.
Caranya, tuang beras ke dalam wadah lebar seperti tampah maupun kertas koran, kemudian ratakan. Jemur beras di tempat yang terkena terik sinar matahari, Anda bisa melakukannya di siang hari selama 15-30 menit atau seharian sampai kutunya hilang.

2. Masukkan beras ke dalam freezer
Mengutip Pest Samurai, memasukkan beras berkutu ke dalam freezer selama 3-4 hari dapat membunuh larva dan telur kutu beras yang sulit terlihat dengan mata telanjang.
Sebab larva dan telur kutu beras tidak dapat bertahan hidup pada suhu dingin. Setelah 4 hari diletakkan dalam freezer, Anda bisa mengeluarkan beras, lalu keringkan dan simpan kembali di wadah rapat.

3. Daun salam
Daun salam bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras dan mencegahnya datang kembali. Daun salam merupakan pestisida nabati yang dapat mengendalikan kutu beras. Aroma menyengat daun salam yang tidak disukai kutu beras maupun serangga dapur lainnya.
Caranya, mbil beberapa lembar daun salam yang bersih dan kering. Setelah itu, letakkan dalam wadah penyimpanan beras.

4. Daun jeruk purut
Selain digunakan untuk meningkatkan aroma sedap pada masakan, aroma kuat daun jeruk purut juga bisa digunakan untuk mengusir kutu beras.
Caranya, taruh beberapa lembar daun jeruk purut pada wadah beras dan ganti secara berkala agar kutu beras tidak muncul kembali.

5. Daun pandan

Daun pandan wangi bisa menghilangkan kutu beras dan menjaga kualitas stok beras selama penyimpanan.
Efektivitas daun jeruk purut dan daun pandan wangi dalam mengendalikan kutu beras tersebut dilaporkan dalam penelitian pada 2014.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menaruh 0,5 cm potongan daun jeruk purut maupun daun pandan wangi pada tiap 100 g beras mampu mengurangi serangan hama kutu beras dan mempertahankan kualitas beras.

6. Bawang putih
Aroma khas bawang putih yang menyengat dapat mengusir kutu beras. Bawang putih mengandung senyawa belerang yang aromanya sangat tidak disukai kutu beras.
Caranya, letakkan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya. Kemudian masukkan bawang putih ke dalam tumpukan beras.

7. Kayu manis
Kayu manis juga dapat mengusir kutu beras. Caranya, ambil kulit kayu manis secukupnya lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.

Selain menerapkan cara menghilangkan kutu beras di atas, Anda juga perlu mencegah agar kutu tidak kembali datang dengan menyimpan bahan makanan di kontainer kaca atau plastik berpenutup rapat dan kedap udara.

Sumber: CNNIndonesia

Foto: theAsianparent




 


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER