TWSLive : Bocoran RTP Live Slot Gacor Tertinggi Hari Ini
Beranda > Internasional > Barbados Resmi Menjadi Negara Republik, Melepaskan Ratu Inggris dari Jabatan Kepala Negara

Barbados Resmi Menjadi Negara Republik, Melepaskan Ratu Inggris dari Jabatan Kepala Negara

Internasional
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Barbados Resmi Menjadi Negara Republik, Melepaskan Ratu Inggris dari Jabatan Kepala Negara

KABARINDO, Bridgetown – Dalam upacara peringatan kemerdekaan Barbados yang ke 55, yang berlangsung malam hari (29/11) di Bridgetown, Dame Sandra Mason dilantik sebagai presiden Barbados setelah negara tersebut resmi mencopot Ratu Elizabeth II dari jabatannya sebagai kepala negara tersebut.

Dame Sandra Mason, 72, gubernur-jenderal negara pulau itu sejak 2018, diangkat sebagai presiden terpilih negara itu setelah pemungutan suara di parlemen bulan lalu.

Barbados resmi menjadi negara republik terbaru di dunia setelah satu tahun yang lalu menyampaikan keinginan mereka berpisah dengan sang ratu. Transisi sempat memicu perdebatan di negara yang selama berabad-abad berada di bawah pengaruh kekuasaan Inggris, termasuk lebih dari 200 tahun perbudakan transatlantik sampai 1834.

Untuk menandakan perubahan resmi kekuasaan, penghormatan terakhir dilakukan kepada monarki Inggris, dan bendera Royal Standard diturunkan serta diganti.

Dalam pidatonya sebagai tamu kehormatan, Pangeran Charles mengakui "kekejaman mengerikan perbudakan" yang diderita pulau Karibia itu. Oleh sebab itu, ia menggambarkan saat itu sebagai momen awal baru, dan menegaskan kembali pentingnya hubungan yang berkelanjutan antara kedua negara meskipun ada perubahan status konstitusional. Pewaris takhta kerajaan Inggris ini dianugerahi Order of Freedom of Barbados yang bergengsi oleh presiden baru.

Sang Ratu mengirimkan "harapan baik yang paling hangat" kepada negara itu untuk "kebahagiaan, kedamaian, dan kemakmuran di masa depan" dan mengatakan negara itu memiliki "tempat khusus" di hatinya.

Meskipun sang ratu sudah tidak berkuasa di negara itu, Barbados akan tetap menjadi bagian dari kelompok negara-negara persemakmuran.

Ikut hadir dalam perayaan acara tersebut adalah penyanyi Barbados Rihanna, yang mendapat penghargaan Pahlawan Nasional Barbados. "Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan membawa kehormatan bagi bangsa Anda," kata Perdana Menteri Mia Mottley kepada selebritas internasional itu.

Sorak-sorai ratusan orang yang berbaris di Jembatan Chamberlain di ibu kota Barbados, Bridgetown, serta tembakan kehormatan 21 senjata saat lagu kebangsaan Barbados dimainkan di Heroes Square mewarnai kegembiraan rakyat dalam menyambut era baru negara mereka. ***


RELATED POSTS


Home Icon