Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Bahaya! Menggoreng Makanan dengan Margarin, Begini Penjelasannya...

Bahaya! Menggoreng Makanan dengan Margarin, Begini Penjelasannya...

Gaya hidup | Kamis, 17 Februari 2022 | 23:38 WIB
Editor : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
Bahaya! Menggoreng Makanan dengan Margarin, Begini Penjelasannya...

KABARINDO, JAKARTA- Langkanya minyak goreng membuat sebagian pedagang makanan seperti gorengan, pecel lele, dan lain sebagainya di beberapa daerah memilih menggantinya dengan margarin. Mulai dari pedagang gorengan hingga pecel ayam memilih menggunakan margarin untuk menggoreng makanan yang akan dijual.

Menurut ahli nutrisi yang juga merupakan pakar diet dan gizi klinik di Bandung, Johanes Chandrawinata memasak dengan margarin tidak disarankan karena bisa berdampak buruk pada kesehatan.
Dia menjelaskan, margarin berasal dari minyak sawit yang kemudian dipadatkan dengan proses hidrogenasi. Saat proses ini dilakukan terjadi peningkatan asam lemak trans.

"Padahal sebelum diproses saja minyak ini sudah mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi," kata Johanes, Kamis (17/2).
Asam lemak trans ini berbahaya karena bisa meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Selain itu, margarin juga mengandung garam yang bisa menambah asupan natrium ke dalam tubuh saat digunakan untuk menggoreng.

"Kelebihan natrium bisa meningkatkan tekanan darah dan berpotensi menurunkan fungsi jantung dan ginjal. Memang bisa dipakai untuk menggoreng, tapi ya itu konsekuensi kesehatannya banyak," jelas dia.

Dia pun menyarankan penggunaan minyak goreng lain alih-alih penggunaan margarin. Meskipun harganya memang bisa lebih mahal.
"Ada minyak kelapa atau minyak lainnya. Tapi memang harganya cukup mahal," kata dia.

Sumber: CNN Indinesia

Foto: Facebook


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER