Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > AMD Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT, Kartu Grafis Gaming Tercanggih di Dunia

AMD Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT, Kartu Grafis Gaming Tercanggih di Dunia

Iptek | Sabtu, 5 November 2022 | 09:29 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
AMD Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT, Kartu Grafis Gaming Tercanggih di Dunia

AMD Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT, Kartu Grafis Gaming Tercanggih di Dunia

Terobosan Arsitektur AMD RDNA 3 dengan desain chiplet, hadirkan performa gaming 4K 1,7x lebih tinggi dibandingkan kartu grafis unggulan sebelumnya

Surabaya, Kabarindo- AMD telah meluncurkan Radeon RX 7900 XTX dan Radeon RX 7900 XT, kartu grafis baru yang dibangun di atas arsitektur AMD RDNA 3 hemat energi dengan performa tinggi generasi berikutnya.

Mengikuti prosesor chiplet AMD Ryzen berbasis AMD “Zen” yang sukses, ini adalah kartu grafis gaming pertama di dunia yang menampilkan desain chiplet AMD yang canggih, memberikan performa menakjubkan dan efisiensi energi yang luar biasa untuk mentenagai 4K framerate tinggi dan gaming resolusi lebih tinggi di judul-judul yang paling menuntut.

Desain chiplet arsitektur AMD RDNA 3 menggabungkan node proses 5nm dan 6nm, masing-masing dioptimalkan untuk pekerjaan tertentu. Terobosan arsitektur memberikan performa lebih tinggi hingga 54% per watt dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 dan menampilkan interkoneksi terkencang di dunia yang menghubungkan chiplet sistem grafis dan memori hingga 5,3 TB/s. Juga menawarkan hingga 96 unit komputasi terpadu baru, teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, dan memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 24 GB dengan antarmuka memori hingga 384-bit. Ini juga mencakup peningkatan throughput AI yang menghasilkan performa AI hingga 2,7x lebih tinggi, dan teknologi raytracing generasi kedua yang memberikan performa raytracing hingga 1,8x lebih tinggi dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2.

Secara keseluruhan, fitur dan kemajuan ini memberikan peningkatan performa hingga 1,7x di judul tertentu pada 4K dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2. Kartu grafis baru ini juga mendukung tampilan DisplayPort 2.1 yang mampu menghadirkan framerate ultra-tinggi dan visual memukau hingga refresh rate 4K 480Hz dan 8K 165Hz.

"Kartu grafis baru ini dirancang oleh gamer untuk gamer. Saat kami mengembangkan kartu baru, kami tidak hanya menerima respon dari pelanggan, tetapi kami membangun fitur-fitur dan kemampuan yang ingin kami gunakan. Saya ingin gamers merasakan performa yang luar biasa, visual yang sangat nyata dan fitur baru menakjubkan yang ditawarkan oleh kartu grafis baru ini,” kata Scott Herkelman, Senior Vice President & General Manager, Graphics Business Unit, AMD. pada Sabtu (5/11/2022).

Radeon RX 7900 Series adalah kartu grafis gaming paling canggih di industri, membuka tingkatan baru akan performa dan efisiensi serta menghadirkan sejumlah fitur baru yang disempurnakan, sehingga mampu meningkatkan pengalaman gaming. Kartu grafis AMD Radeon RX 7900 XTX memberikan performa 4K native hingga 1,7x lebih tinggi dibandingkan kartu grafis Radeon RX 6950 XT di judul tertentu, sedangkan Radeon RX 7900 XT memberikan performa hingga 1,5x lebih tinggi dibandingkan kartu grafis Radeon RX 6900 XT di pilihan judul tertentu.

Fitur-fitur utama meliputi:

Aristektur AMD RDNA 3

Menampilkan desain chiplet canggih, unit komputasi baru dan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, arsitektur AMD RDNA 3 yang menghadirkan performa per watt hingga 54% lebih baik dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 generasi sebelumnya. Unit komputasi baru berbagi daya antara rendering, AI dan raytracing untuk memaksimalkan penggunaan setiap transistor untuk performa yang lebih kencang dan efisien dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain chiplet

GPU gaming pertama di dunia dengan desain chiplet menghadirkan frekuensi hingga 15% lebih tinggii dengan efisiensi daya hingga 54% lebih baik. Ini mencakup 5nm 306mm2 Graphics Compute Die (GCD) baru dengan hingga 96 unit komputasi yang memberikan fungsionalitas core GPU. Juga mencakup enam dari 6nm Memory Cache Die (MCD) baru pada 37,5mm2, masing-masing dengan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua hingga 16MB.

Interkoneksi chiplet ultra cepat

Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi AMD Infinity Cache generasi kedua, chiplet baru ini memanfaatkan AMD Infinity Links dan kemasan fanout performa tinggi untuk menghadirkan bandwidth hingga 5,3 TB/dtk.

Memori diperluas dan bus memori lebih luas

Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dari judul-judul yang menuntut saat ini, kartu grafis baru ini memiliki fitur memori GDDR6 berkecepatan tinggi hingga 24GB yang berjalan pada 20Gbps melalui bus memori 384-bit.

Akselerasi AI dedicated dan Raytracing generasi kedua

Instruksi AI baru dan peningkatan throughput AI menghadirkan performa hingga 2,7x lebih baik dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2 sebelumnya, sementara teknologi Raytracing generasi kedua memberikan performa hingga 1,8x lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Dukungan DisplayPort 2.1

Satu-satunya kartu grafis gaming kelas atas di industri yang mendukung teknologi DisplayPort 2.1 dengan UHBR 13.5, menawarkan bandwidth layar hingga 54Gbps dan memungkinkan permainan 4K (hingga 480Hz) atau 8K (hingga 165Hz) dengan refresh tinggi pada layar generasi berikutnya.

Media engine AMD Radiance Display baru

Menyediakan warna 12 bit per channel hingga 68 miliar warna dan tampilan refresh rate yang lebih tinggi dibandingkan dengan arsitektur AMD RDNA 2 serta mencakup dukungan untuk DisplayPort 2.1 dan HDMI 2.1a.

High-Refresh gaming

DisplayPort 2.1 memberikan peningkatan bandwidth tampilan dibandingkan DisplayPort 1.4 dengan kemampuan untuk mendukung refresh rate hingga 900Hz, 480Hz dan 165Hz untuk masing-masing tampilan 1440p, 4K dan 8K.

Dual media engine

Mendukung streaming encode atau decode simultan hingga 8K60 untuk HEVC dan mendukung encode AV1, menghadirkan frekuensi engine hingga 1,8x lebih tinggi dibandingkan arsitektur AMD RDNA 2.

Kartu grafis Radeon RX 7900 Series dijadwalkan tersedia dari AMD.com mulai 13 Desember 2022 dan dari mitra terkemuka termasuk ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, MSI, PowerColor, Sapphire, Vastarmor, XFX dan Yeston pada pertengahan Desember 2022. Harga AMD Radeon RX 7900 XTX diperkirakan 999 dolar AS, sedangkan AMD Radeon RX 7900 XT diperkirakan 899 dolar AS.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER