Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > AMD Luncurkan Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series Baru, Dukung PC Komersial Generasi Berikutnya

AMD Luncurkan Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series Baru, Dukung PC Komersial Generasi Berikutnya

Iptek | Jumat, 11 Oktober 2024 | 23:28 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
AMD Luncurkan Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series Baru, Dukung PC Komersial Generasi Berikutnya

AMD Luncurkan Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series Baru, Dukung PC Komersial Generasi Berikutnya

Surabaya, Kabarindo- AMD mengumumkan prosesor mobile AI commercial generasi ketiga, yang dirancang khusus untuk mengubah produktivitas bisnis dengan fitur Copilot+ termasuk teks langsung dan penerjemahan bahasa dalam panggilan konferensi dan generator gambar AI tingkat lanjut.

Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series yang baru menghadirkan komputasi AI terdepan di industri, dengan kinerja AI hingga tiga kali lipat dari generasi sebelumnya, dan menawarkan kinerja tanpa kompromi untuk beban kerja harian. Dengan AMD PRO Technologies, prosesor Ryzen AI PRO 300 Series menawarkan fitur keamanan dan pengelolaan kelas dunia yang dirancang untuk menyederhanakan operasi TI dan memastikan ROI yang luar biasa bagi bisnis.

Prosesor Ryzen AI PRO 300 Series menampilkan arsitektur AMD “Zen 5” baru, yang menghadirkan performa CPU luar biasa, dan merupakan jajaran prosesor komersial terbaik di dunia untuk PC enterprise Copilot+. Laptop yang dilengkapi dengan prosesor Ryzen AI PRO 300 Series dirancang untuk menangani beban kerja bisnis yang paling berat, dengan Ryzen AI 9 HX PRO 375 teratas yang menawarkan performa hingga 40% lebih tinggi dan performa produktivitas hingga 14% lebih kencang dibandingkan dengan Core Ultra 7 165U Intel.

Dengan penambahan arsitektur XDNA 2 yang mendukung NPU terintegrasi, prosesor Ryzen AI PRO 300 Series menawarkan daya pemrosesan AI 50+ NPU TOPS (Trillions of Operations Per Second) yang canggih, melebihi persyaratan PC AI Copilot+ Microsoft, serta menghadirkan kemampuan komputasi dan produktivitas AI yang luar biasa untuk bisnis modern. Dibangun pada proses 4nm dan dengan manajemen daya yang inovatif, prosesor baru ini menghadirkan daya tahan baterai lebih lama yang ideal untuk kinerja dan produktivitas saat bepergian.

“Perusahaan semakin menuntut daya komputasi dan efisiensi yang lebih besar untuk menjalankan tugas sehari-hari dan beban kerja yang paling berat. Ryzen AI PRO 300 Series merupakan prosesor AI paling bertenaga yang dibuat untuk PC bisnis ke portofolio prosesor mobile kami,” kata Jack Huynh, Senior Vice President and General Manager, Computing and Graphics Group AMD pada Jumat (11/10/2024).

Ia menambahkan, prosesor berkemampuan AI generasi ketiga untuk PC bisnis menghadirkan kemampuan pemrosesan AI yang tak tertandingi dengan daya tahan baterai luar biasa dan kompatibilitas yang mulus untuk aplikasi yang dapat diandalkan oleh pengguna.

Terus perluas ekosistem OEM komersial

Mitra OEM terus memperluas penawaran komersial mereka dengan PC baru bertenaga prosesor Ryzen AI PRO 300 Series, yang memberikan kinerja dan kompatibilitas menyeluruh bagi pelanggan bisnis mereka. Dengan TOPS terdepan di industri, generasi berikutnya dari PC komersial bertenaga prosesor Ryzen akan memperluas kemungkinan pemrosesan AI lokal dengan Microsoft Copilot+. Sistem OEM bertenaga Ryzen AI PRO 300 Series diharapkan tersedia mulai akhir tahun ini.

“Kemitraan Microsoft dengan AMD dan integrasi prosesor Ryzen AI PRO ke dalam PC Copilot+ menunjukkan fokus bersama kami dalam menghadirkan pengalaman berbasis AI yang memberikan dampak bagi pelanggan. Performa Ryzen AI PRO, yang berpadu dengan fitur-fitur terbaru di Windows 11, meningkatkan produktivitas, efisiensi dan keamanan,” kata Pavan Davuluri, Corporate Vice President, Windows+ Devices, Microsoft.

Fitur-fitur seperti Improved Windows Search, Recall dan Click to Do menjadikan PC lebih intuitif dan responsif. Peningkatan keamanan, termasuk prosesor keamanan Microsoft Pluton dan Windows Hello Enhanced Sign-in Security, membantu menjaga keamanan data pelanggan dengan perlindungan tingkat lanjut,” ujarnya.

Alex Cho, President of Personal Systems HP, menambahkan di era komputasi bertenaga AI saat ini, HP berdedikasi untuk menghadirkan inovasi dan performa hebat yang merevolusi cara orang bekerja. Dengan HP EliteBook X Next-Gen AI PC, pihaknya memberdayakan para pemimpin modern untuk melampaui batasan tanpa mengorbankan daya atau performa.

Luca Rossi, President Lenovo Intelligent Devices Group, mengatakan kemitraan Lenovo dengan AMD terus memacu inovasi PC AI dan menghadirkan performa terbaik bagi pelanggan bisnis.

"ThinkPad T14s Gen 6 AMD yang baru-baru ini diumumkan, bertenaga prosesor Ryzen AI PRO 300 Series terbaru, menunjukkan kekuatan kolaborasi kami. Perangkat ini menawarkan daya komputasi AI yang luar biasa, keamanan yang ditingkatkan dan masa pakai baterai yang luar biasa, menyediakan para profesional dengan perangkat yang dibutuhkan untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi. Bersama AMD, kami mengubah lanskap bisnis dengan menghadirkan solusi yang lebih cerdas dan digerakkan oleh AI yang memberdayakan pengguna untuk meraih lebih banyak hal,” ujarnya.

Selain Secure Processor, Shadow Stack dan Platform Secure Boot, AMD telah memperluas jajaran PRO Technologies dengan fitur keamanan dan pengelolaan baru. Prosesor yang dilengkapi dengan PRO Technologies kini akan hadir sebagai standar dengan Cloud Bare Metal Recovery, yang memungkinkan tim TI memulihkan sistem melalui cloud dengan lancar untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan operasi, Supply Chain Security (AMD Device Identity), fungsi keamanan rantai pasokan baru yang memungkinkan keterlacakan di seluruh rantai pasokan, dan Watch Dog Timer, yang dibangun berdasarkan dukungan ketahanan yang ada dengan proses deteksi dan pemulihan tambahan.

Deteksi malware berbasis AI tambahan tersedia melalui PRO Technologies dengan mitra ISV tertentu. Fitur keamanan baru ini memanfaatkan NPU terintegrasi untuk menjalankan beban kerja keamanan berbasis AI tanpa memengaruhi kinerja harian.

Foto: istimewa


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER