Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Internasional > Aktivitas Freatomagmatik Gunung Taal Sebabkan Evakuasi 1000 orang

Aktivitas Freatomagmatik Gunung Taal Sebabkan Evakuasi 1000 orang

Internasional | Sabtu, 26 Maret 2022 | 23:39 WIB
Editor : Hauri Yan

BAGIKAN :
Aktivitas Freatomagmatik Gunung Taal Sebabkan Evakuasi 1000 orang

KABARINDO, MANILA – Gunung berapi kecil di selatan ibukota Filipina memuntahkan gumpalan 1,5 km pada Sabtu (26/3), meningkatkan tingkat siaga dan mendorong evakuasi penduduk sekitar.

Sekitar 1.100 penduduk di tepi danau dekat gunung berapi, termasuk nelayan dan pekerja keramba, telah dievakuasi oleh pihak berwenang.

Peringatan untuk gunung berapi Taal, sekitar 70 km selatan pusat Manila, ditingkatkan ke level 3 pada skala 5, yang menurut badan seismologi dan vulkanologi berarti "ada intrusi magmatik di pusat kawah yang selanjutnya dapat mendorong letusan berikutnya".

"Magma di bagian kawah yang dangkal berinteraksi dengan air, menyebabkan letusan yang disebut aktivitas freatomagmatik," kata Renato Solidum, kepala badan vulkanologi, kepada stasiun radio DZMM.

Tetapi Solidum mengatakan aktivitasnya tidak akan eksplosif seperti letusan Januari 2020 dan hujan abu itu dapat terbatas pada komunitas di dalam gunung berapi, yang berada di tengah danau.

Pada Januari 2020, Taal menembakkan kolom abu dan uap setinggi 15 km, yang memaksa lebih dari 100.000 orang mengungsi sementara puluhan penerbangan dibatalkan dan abu tebal jatuh hingga ke Manila.

Taal adalah gunung berapi aktif terkecil di dunia. Meskipun berdiri di ketinggian hanya 311 meter, itu bisa mematikan dan letusan pada tahun 1911 menewaskan lebih dari 1.300 orang.

Filipina terletak di "Cincin Api", sabuk gunung berapi yang mengelilingi Samudra Pasifik yang juga rentan terhadap gempa bumi.

***(Sumber dan foto: Reuters)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER