Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Hiburan > Ada Indonesia dan Banyak Cinta di Berlinale Ke-72

Ada Indonesia dan Banyak Cinta di Berlinale Ke-72

Hiburan
Oleh : Hauri Yan

BAGIKAN :
Ada Indonesia dan Banyak Cinta di Berlinale Ke-72

KABARINDO, BERLIN – Tema cinta mendominasi entri kompetisi utama di Berlinale ke-72 tahun ini, salah satunya dari sebuah film Indonesia.

Acara sinema tahunan Festival Film Internasional Berlin ini biasanya terkenal dengan drama politik yang keras.

"Belum pernah kami melihat dan menyambut begitu banyak kisah cinta seperti tahun ini: cinta yang gila, mustahil, tak terduga, dan memabukkan," kata direktur artistik Carlo Chatrian, mengungkap jajaran kompetisi tahun ini.

Pemutaran langsung akan diselenggarakan pada tahun ini, dalam sebuah acara yang diharapkan oleh Chatrian akan memulihkan ikatan sosial yang telah melemah selama dua tahun penguncian dan isolasi akibat Covid.

Ada Indonesia dan Banyak Cinta di Berlinale Ke-72(Foto: Direktur artistik Carlo Chatrian, kanan, dan direktur pelaksana Mariette Rissenbeek, sebelum presentasi program Berlinale ke-72, Rabu (19/1) -Reuters)

Delapan belas film akan bersaing memperebutkan piala Golden Bear untuk film terbaik dalam kompetisi ramping yang mencakup "Both Sides of the Blade" karya sutradara Prancis Claire Denis, yang menampilkan Juliette Binoche dalam cinta segitiga di masa pandemi.

Tetap Ada Unsur Politik

Dimulai pada tahun 1951 di sebuah kota yang terbagi dua di garis depan Perang Dingin, Berlinale sering kali menjadi festival film besar yang paling politis, dan edisi ke-72, yang akan berlangsung dari 10-20 Februari, mempertahankan sebagian dari semangat itu.

Sebuah entri berjudul "Call Jane" karya Phyllis Nagy, dibintangi oleh Elizabeth Banks, Sigourney Weaver dan Kate Mara, berkisah tentang seorang istri di Amerika Serikat yang tidak menginginkan kehamilannya. 

Berlatar tahun 1960-an pada saat aborsi ilegal di negara tersebut, film ini dirilis ketika Mahkamah Agung A.S. sedang mengadili kasus-kasus yang dapat membatasi hak untuk aborsi.

Wajah Lama dan Baru

Di film lain, Francois Ozon dari Prancis, yang akan membuka festival tahun ini, kembali dengan "Peter von Kant”. Film ini mengisahkan studi Rainer Werner Fassbinder tahun 1972 tentang cinta, kemarahan, dan posesif.

Sementara itu, pemenang penghargaan pencapaian seumur hidup tahun ini, Isabelle Huppert, membintangi "About Joan" karya Laurent Lariviere.

Sutradara perempuan Indonesia, Kamila Andini, bergabung dengan “Before, Now & Then”. Film keempat Andini itu mendapatkan bantuan dana dari Purin Pictures Autumn Grant 2021, program pendanaan film yang berbasis di Bangkok, Thailand.

Ada Indonesia dan Banyak Cinta di Berlinale Ke-72(Foto: Kiriman Kamila Andini di akun resmi Instagramnya)

Penayangan perdana lainnya termasuk "Against the Ice" karya Peter Flinth dan "Dark Glasses" oleh Dario Argento, sutradara Italia yang terkenal karena film horor kultus 1977 "Suspiria".

Berubah Format

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, festival tersebut telah mengubah formatnya untuk tahun 2022 karena ketidakpastian terkait pandemi yang sedang berlangsung. 

Pasar Film Eropa telah pindah menjadi daring, sementara festival berlanjut dengan acara tatap muka, meskipun dalam format yang ringkas.

Setiap pemutaran perdana berlangsung dalam enam hari pertama acara, dan upacara penghargaan diselenggarakan pada 16 Februari mendatang.

Penyesuaian lebih lanjut termasuk kapasitas bioskop dibatasi hingga 50%, masker dan tiket masuk (baca: bukti vaksinasi -red) Covid menjadi wajib, dan tidak ada pesta festival yang akan dikenai sanksi.

"Menonton film di bioskop, mendengar suara napas, tawa, atau bisikan di sebelah Anda (bahkan dengan jarak sosial yang benar), berkontribusi sangat penting tidak hanya untuk kesenangan menonton tetapi juga untuk memperkuat fungsi sosial yang dimiliki bioskop, dan [ini] harus terus dimiliki," tambah Chatrian. ***(Sumber dan foto: Reuters, Ommercato)


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER