Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Berita Utama > 37 Tahun Lalu Candi Borobudur Dibom, Patung dan Stupa Hancur

37 Tahun Lalu Candi Borobudur Dibom, Patung dan Stupa Hancur

Berita Utama
Oleh : Sebastian Renaldi

BAGIKAN :
37 Tahun Lalu Candi Borobudur Dibom, Patung dan Stupa Hancur

KABARINDO, JAKARTA-  Bom meledak menhancurkan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Ledakan bom itu menghancurkan sejumlah stupa dan patung pada 21 januari 1985. Berdasarkan berbagai data, ledakan bom tersebut merupakan aksi dari kelompok teroris. Peristiwa serangan di Candi borobudur tersebut merupakan yang kedua kalinya menimpa Indonesia di masa itu.

Sebelumnya, terjadi pembajakan pesawat Garuda DC 9 Woyla oleh anggota Komando Jihad pada tahun 1981. Dalam peristiwa pengeboman Candi Borobudur sembilan bom meledak. Ledakan pertama terdengar pukul 01.30 WIB. Sedangkan ledakkan kesembilan terdengar pukul 03.30 WIB.

Akibat ledakan, sembilan stupa dan dua patung Buddha rusak. Polisi pun bergerak melakukan penyelidikan.

Kemudian, polisi menetapkan Abdulkadir Ali Alhabsyi dan Husein Ali Alhabsyi sebagai pelaku, dan menyebutkan kalau otak pengeboman itu bernama Mohammad Jawad alias Kresna.

Namun otak pelaku masih belum ditemukan dan belum berhasil diringkus oleh kepolisian Indonesia hingga saat ini.

Tanggal 21 Januari juga memiliki sejumlah peristiwa penting lainnya:

763
Pertempuran Bakhamra antara dinasti Alid and Kekhalifahan Abbasiyah dekat Kufa berakhir dengan kemenangan Abbasiyah yang menentukan.

1911
Reli Monte Carlo adalah sebuah lomba reli yang diselenggarakan sejak tahun 1911, tepatnya 21 januari 1911 oleh Automobile Club de Monaco, yang diawali di Nice dan diakhiri di Monako.

Event ini termasuk salah satu seri dari kejuaraan reli dunia/World Rally Championship (WRC).

1924
Vladimir Ilyich Ulyanov atau Vladimir Lenin meninggal dunia pada 21 Januari 1924. Pria ini dikenal sebagai pemimpin pertama di Republik Sosialis Federasi Soviet (RSFS) Rusia sejak 1917, dan menjadi pemimpin Uni Soviet pertama sejak 1922 sampai kematiannya.

Lenin berhaluan politik Marxis dan telah ikut menyumbangkan gagasan politiknya dalam pemikiran Marxis yang disebut sebagai Leninisme. Gagasannya itu bila digabung dengan teori ekonomi Marx dikenal dengan sebutan Marxisme–Leninisme.

Sepeninggalnya Lenin, Joseph Stalin mulai menyingkirkan rival-rivalnya untuk membuka jalan bagi kepemimpinannya.

1942
Jepang menembak jatuh pesawat Catalina-Belanda di perairan Alalak, sungai Barito, Banjarmasin.

Itu merupakan serangan pertama terhadap posisi militer Belanda di Kalimantan Selatan.

1960
Avianca Flight 671 jatuh dan terbakar saat mendarat di Montego Bay, Jamaika, menewaskan 37 orang. Ini adalah kecelakaan pesawat terparah di Jamaika dan yang pertama bagi Avianca.

1961
Sebanyak 435 pekerja tambang terkubur hidup-Hidup di kawasan Coalbrook dekat Sasolburg, Orange Free State, Clydesdale Colliery. Tambang itu runtuh.

Bencana tersebut mengakibatkan sebanyak kurang lebih 435 pekerja terjebak, dan terkubur hidup-hidup di kedalaman 180 meter di bawah tanah.

Runtuhnya dinding tambang yang memiliki luas 324 hektar tersebut diduga kuat terjadi karena disintegrasi sekitar 900 pilar bawah tanah.

1968
Pertempuran Khe Sanh atau perang Vietnam terjadi pada 21 Januari1968. Pada saat itu perang terjadi antara pasukan Vietnam Utara dan pasukan Vietnam Selatan yang dibantu pasukan Amerika Serikat (AS).

Berlangsung hingga 8 April 1968, pertempuran itu dimenangkan oleh pasukan Vietnam Selatan dan AS. Pertempuran ini pun diklaim paling banyak disorot oleh media selama di masa Perang Vietnam.

2016
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan pembangunan kereta api cepat dengan tujuan relasi Jakarta - Bandung, PP dan pembangunan ini merupakan yang pertama kalinya di wilayah Asia Tenggara.

Sumber: Galamedianews.com

Foto:travelspromo.com


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER