Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > 220 Korban Terdampak Kebakaran Bidara Cina: Raih Bantuan

220 Korban Terdampak Kebakaran Bidara Cina: Raih Bantuan

Iptek | Minggu, 27 Mei 2018 | 14:36 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
220 Korban Terdampak Kebakaran Bidara Cina: Raih Bantuan

Jakarta,  KABARINDO-Portal- Dari rilis yang diposting dinsos. Sebanyak 220 korban terdampak kebakaran di Jl. Kebon Sayur II Kelurahan Bidara Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur mendapatkan bantuan. Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur mendistribusikan bantuan tersebut.

Total ada 43 unit rumah yang terbakar dan mengakibatkan sekitar 72 Kepala Keluarga atau 220 orang yang menjadi korban terdampak kebakaran. Kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh kompor gas.

"Kebakaran terjadi di RT. 007, dan 008 Semuanya berada di RW. 14. Ketika ada kabar terjadi kebakaran, Tim PSKB kami segera menyiapkan bantuan sementara. Dalam SOP kami 2 jam respontime bantuan sudah diberikan," kata Benny Martha, Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur saat dihubungi pada Minggu (27/5).

Benny melanjutkan, makanan siap saji itu berasal dari dapur umum Suku Dinas Sosial Jakarta Timur dan akan dioperasikan hingga 3 hari ke depan. Pengoperasian dapur umum dapat ditambah waktunya sesuai kebutuhan dan permintaan. 

Saat ini pihaknya pun telah mendistribusikan bantuan sementara berupa selimut 130 lembar, terpal 30 lembar, paket sandang 30 paket, pekat kebutuhan anak 20 paket, paket kebutuhan lansia 9 paket, paket kebutuhan khusus 9 paket,  dan lauk pauk 120 paket.

Pihaknya juga telah mendirikan tenda pengungsian sebanyak 3 unit dari Suku Dinas Sosial Jakarta Timur di Kelurahan Bidara Cina. Tenda pengungsian itu menjadi tempat tinggal sementara bagi para korban.

Sedangkan seragam sekolah dan kebutuhan logistik lainnya akan didistribusikan kemudian dan disesuaikan dengan stok logistik yang dimiliki Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, pihaknya dibantu oleh warga  setempat dengan adanya Kampung Siaga Bencana (KSB) di daerah tersebut. KSB dikelola sendiri oleh warga namun bahan logistik dikirim dari Dinas Sosial DKI Jakarta. Ini mempercepat bantuan sampai kepada korban.

"Bantuan-bantuan yang kami berikan itu sementara, apabila nanti ada kebutuhan yang perlu ditambah maka akan kami tambah, tim kami yang berada di lapangan sedang melakukan pendampingan dan koordinasi dengan aparat setempat," kata Benny.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER