Toko Kopi Tuku Buka di Surabaya; Tawarkan Beragam Minuman Kopi Kekinian

Toko Kopi Tuku Buka di Surabaya; Tawarkan Beragam Minuman Kopi Kekinian

Toko Kopi Tuku Buka di Surabaya; Tawarkan Beragam Minuman Kopi Kekinian

Es Kopi Tetangga Jadi Andalan

Surabaya, Kabarindo- Minuman kopi sudah menjadi minuman favorit sehari-hari, termasuk bagi anak muda yang gemar nongkrong sambil ngopi.

Hal ini mendorong munculnya kafe-kafe atau kedai kopi di berbagai kota yang tak pernah sepi dari pembeli, meski sedang pandemi. Salah satunya Toko Kopi Tuku yang kini membuka toko (outlet) di Jl. Raya Gubeng, Surabaya, dan melayani konsumen secara take-away.

Andanu Prasetyo, founder dan owner Toko Kopi Tuku, menyebutkan toko tersebut merupakan yang pertama di Surabaya dan toko ke-18. Sebanyak 17 toko lainnya tersebar di Jabodetabek. Juga ada 12 toko khusus pembelian online di Jabodetabek.

Menurut Andanu, ia membuka toko di Surabaya agar masyarakat di sini juga bisa menikmati minuman yang ditawarkan Toko Kopi Tuku. Surabaya juga merupakan pasar yang potensial, karena bisnis F&B (food & beverages) di ibu kota Jatim ini sekarang lebih seru dan menarik.

“Kombinasi tersebut membuat saya yakin untuk membuka cabang di Surabaya,” ujarnya pada Minggu (19/9/2021).

Danu, sapaan Andanu, menuturkan Toko Kopi Tuku didirikan pada 2015 di Jl. Cipete Raya, Jakarta Selatan, yang merupakan toko kopi lokal dengan fokus utama menyajikan rasa kopi yang cocok di kalangan tetangga sekitar. Hadirlah Es Kopi Susu Tetangga, minuman kopi perpaduan es, kopi, susu dan gula aren yang kemudian menjadi minuman favorit pelanggan.

“Es Kopi Susu Tetangga mengawali langkah Toko Kopi Tuku dalam memperkenalkan rasa kopi dengan gula aren kepada para tetangga,” ujar Danu yang menyebut konsumen dan pelanggannya sebagai tetangga.

Selain Es Kopi Susu Tetangga, Toko Kopi Tuku menawarkan beragam minuman kopi lainnya maupun non-kopi yang memberikan banyak pilihan. Ada Kopi Hitam Tetangga, ragam Kopi Premium, Ragam Rasa Tetangga dan Selain Kopi.

Untuk Kopi Premium di antaranya Piccolo, Peppermint Mocha dan Caramel Macchiato. Ragam Rasa Tetangga menyajikan varian-varian minuman yang unik. Ada Es Kopi Panas yang diracik dari kopi hitam pake nanas, Es Kopi Soda terbuat dari kopi hitam, air kelapa dan soda, Es Limun yang memadukan jerus nipis, kawista dan soda, Es Go-Es dari air kelapa, madu, jeruk nipis dan soda, serta SKMJ dari susu kelapa, jahe, madu dan andaliman. Selain itu, beragam coklat, Earl Grey Milk Tea dan Teh Remon ( teh, sereh dan lemon ).

Danu melihat, konsumen mulai berdatangan sejak hari pertama toko dibuka di Surabaya. Ia optimis, Toko Kopi Tuku akan diminati konsumen, karena menawarkan beragam varian minuman kekinian dengan harga terjangkau mulai dari Rp 15 ribu untuk kopi filter hingga Rp.38 ribu untuk Caramel Macchiato. Rencananya akan dibuka 2 toko lagi di Surabaya.

Pembukaan toko-toko baru, kata Danu, juga menjadi keinginannya untuk meningkatkan konsumsi kopi di Indonesia dari produk kopi lokal. Toko Kopi Tuku meracik minuman dari kopi arabika dari berbagai daerah di antaranya Aceh, Bali, Toraja dan Flores.

“Kita wajib bangga dan mengapresiasi kopi lokal yang sudah terbukti berkualitas dan cita rasanya jempolan,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji