Surabaya Fashion Parade 2020 Digelar Virtual; Usung Tema Viable

Surabaya Fashion Parade 2020 Digelar Virtual; Usung Tema Viable

Surabaya Fashion Parade 2020 Digelar Virtual; Usung Tema Viable

Bisa dinikmati via live streaming di Youtube, tampilkan karya 30 desainer

Surabaya, Kabarindo- Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 yang merupakan event tahun ke-13 bakal digelar secara virtual yang bisa dinikmati via live streaming di Youtube.

Dian Apriliana Dewi, penggagas sekaligus Founder SFP, mengatakan event tersebut sedianya digelar pada 16-19 April lalu, namun batal karena pandemi Covid-19. Kemudian diputuskan, event tetap digelar namun secara virtual pada 2-4 Oktober. Per hari akan berlangsung selama 2 jam.

“Kami berkomitmen tetap menyelenggarakan SFP meskipun dengan konsep yang berbeda dan penerapan new normal yang terstandardisasi. Ini menjadi event virtual fashion parade pertama di Surabaya melalui live streaming Youtube channel,” ujarnya.

SFP adalah event fashion yang diciptakan 13 tahun lalu di Tunjungan Plaza oleh Dian. Event ini bertujuan memberikan wadah dan mengapresiasi penggiat fashion mulai desainer, pengajar, pengrajin, model hingga siswa sekolah fashion untuk terlibat dalam dunia fashion dengan menampiikan karya dan bakat mereka.

Seiring berjalannya waktu, SFP tidak hanya menjadi event lokal namun sudah menjadi event internasional, terlebih dengan ditetapkannya SFP sebagai agenda tahunan HUT Surabaya oleh Pemkot Surabaya. Setiap tahun, SFP membawa inovasi dan tren baru dengan harapan dapat menjadi salah satu kiblat fashion di tanah air.

Sejak 2017, SFP bekerja sama dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan para desainer anggotanya untuk bersama-sama menciptakan event fashion yang spektakuler. Kerja sama ini terbukti menjadikan SFP sebagai event fashion solid dan paling ditunggu-tunggu di Jawa Timur.

SFP tahun ini mengusung tema Viable yang berarti mampu bertahan dalam kondisi tertentu. Menurut Dian, tema ini menunjukkan SFP tetap digelar di tengah kondisi pandemi meskipun secara virtual. Perubahan konsep ini menjadi tantangan tersendiri bagi tim SFP untuk tetap mengemas dan menghadirkan acara yang sama menariknya jika ditonton langsung.

Ia optimis, gelaran ini akan tetap menarik untuk ditonton masyarakat luas, bukan hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri. Dengan digelar secara virtual, siapapun bisa menonton acara tersebut di manapun.

“Tapi SFP juga bisa ditonton langsung dalam jumlah terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Dian yang mempersilakan tamu undangan untuk datang menyaksikannya.

SFP 2020 akan menampilkan koleksi karya 30 desainer antara lain Deden Siswanto, Alben Ayub Andal, Aldre, Dibya, Lia Afif, Gita Orlin dan beberapa desainer lain yang tergabung dalam IFC Surabaya. Mereka akan menampilkan koleksi ready to wear, busana muslim dan cocktail dress. Juga akan digelar kompetisi Surabaya Model Search 2020 dan Surabaya Fashion Designer Award 2020.

“Dengan memberikan kesempatan kepada para desainer untuk tetap berkarya di tengah pandemi Covid-19, kami percaya SFP tahun ini akan membawa pengalaman baru bagi industri fashion Surabaya dan semua yang terlibat di dalamnya,” ujar Dian.

Penulis: Natalia Trijaji