SAP Bantu Timnas Jerman; Maksimalkan Performa Di Piala Dunia 2018

SAP Bantu Timnas Jerman; Maksimalkan Performa Di Piala Dunia 2018

SAP Bantu Timnas Jerman; Maksimalkan Performa Di Piala Dunia 2018

Berinovasi pada video kokpit dan dasbor pemain untuk menganalisa kebutuhan tim dan membagikan data terkait pertandingan

Surabaya, Kabarindo- SAP memperkenalkan inovasi teknologi dalam solusi SAP Sports One untuk membantu tim nasional sepak bola Jerman agar mampu bermain di puncak performanya selama ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

SAP dan Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB) berinovasi pada video kokpit dan dasbor pemain untuk menganalisa kebutuhan tim dan membagikan data terkait pertandingan yang relevan secara efisien serta menempatkan mereka dalam posisi terbaik untuk meraih kemenangan.

Video Kokpit merupakan pusat konten yang menggabungkan banyak video live-play tim dengan informasi pertandingan dan latihan dari berbagai sumber. Hal ini memungkinkan tim analis dan kepelatihan DFB untuk secara cepat mengidentifikasi pola dan kecenderungan serta menyusun strategi untuk memanfaatkan kelemahan potensial lawan.

Dengan menggunakan dasbor pemain, para pelatih dan tim analis memudahkan pemain untuk mengakses informasi dan video yang dipersonalisasi dari perangkat seluler mereka secara real-time. Video kokpit dan pemutar dasbor mewakili fitur terbaru SAP Sports One, solusi yang membantu tim dan organisasi olahraga untuk mendigitalkan manajemen kinerja dengan mengkoordinasikan administrasi, pelatihan, manajemen tim, proses scouting dan medis.

“Kami memiliki jumlah data yang luar biasa di tim nasional Jerman yang perlu kami proses dan bagikan secara real-time kepada pelatih, pemain dan analis. Artificial Intelligence dan Machine Learning memainkan peran penting dalam sepakbola dan merupakan bagian penting dari data analytics. Pakar kami dan SAP sedang mengerjakan topik ini untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru,” kata Oliver Bierhoff, General Manager timna sepak bola Jerman.

Christofer Clemens, Kepala Scouting & Analisis Pertandingan timnas sepak bola Jerman, menambahkan aspek taktis sepak bola menjadi semakin penting dalam beberapa tahun terakhir. Ini berarti pelatih, asisten pelatih dan para analis pertandingan berupaya lebih keras untuk mengamati dan menganalisis berbagai sumber data permainan. Ini adalah langkah logis untuk menggunakan inovasi teknologi terutama di bidang analisis data, Artificial Intelligence dan Machine Learning guna menyederhanakan dan mempercepat proses tertentu.

“Menggunakan fungsionalitas baru dari solusi SAP Sports One - video kokpit dan dasbor pemain - memungkinkan analis pertandingan mempersiapkan pelatih dan pemain dengan lebih efisien. Selain itu, para pemain menerima informasi yang dibuat khusus untuk pertandingan mendatang,” ujarnya.

Sejak 2013, tim nasional sepak bola Jerman dan SAP telah memproses data untuk meningkatkan performa tim. Mereka menciptakan beragam solusi inovatif yang mengubah sejumlah data menjadi wawasan unik dan real-time dengan menyediakan keunggulan kompetitif dalam performa latihan dan pertandingan.

“Sebagai juara bertahan, tim nasional sepak bola Jerman berada di garis terdepan transformasi digital di bidang sepak bola dan menjadi yang pertama menyadari bahwa data dan wawasan real-time dapat memberikan dampak besar di lapangan,” kata Stefan Ries, anggota dewan eksekutif SAP SE dan Chief Human Resources Officer.

Melihat ke depan, SAP dan DFB telah memulai pengerjaan beragam solusi untuk memperkuat regenerasi pemain tim nasional Jerman berikutnya. Kapabilitas Artificial Intelligence dan Machine Learning di dalam analisa pertandingan telah diidentifikasi sebagai prioritas utama oleh SAP dan DFB. Sebagai contoh, dalam waktu dekat, para ofisial tim akan mampu mengidentifikasi bagian pertandingan yang rumit dengan mudah dan cepat. Sebagai mitra resmi akademi DFB, SAP akan terus berkontribusi dalam teknologi dengan menciptakan berbagai solusi pelatihan untuk para pemain dan pelatih, menolong tim di dalam lingkup pengembangan talenta dan pemantauan pemain.

Penulis: Natalia Trijaji