Santika Pandegiling Punya Kuliner dari Nangka; Sedap & Menyehatkan

Santika Pandegiling Punya Kuliner dari Nangka; Sedap & Menyehatkan

Santika Pandegiling Punya Kuliner dari Nangka; Sedap & Menyehatkan

Nasi Jerami Nangka, Botok Jerami Nangka dan Sambal Biji Nangka

Surabaya, Kabarindo- Restoran Kemangi di Hotel Santika Pandegiling, Surabaya, identik dengan menu-menu tradisional Indonesia yang menjadi andalannya.

Kali ini resto tersebut menghadirkan beberapa menu yang terbuat dari nangka kreasi Executive Chef Ervin Triana. Ia menjelaskan, dirinya mengangkat nangka sebagai bahan, karena merupakan buah tropis yang melimpah di Indonesia, harganya terjangkau, rasanya manis dan bermanfaat bagi kesehatan. Nangka memiliki kalori yang rendah, namun kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin dan zinc.

Chef Ervin mengatakan, nangka adalah buah tropis yang memiliki aroma khas, dagingnya tebal dan manis. Buah ini punya banyak penggemar. Selama ini yang banyak dikonsumsi dari nangka adalah dagingnya. Bijinya atau biasa disebut beton juga dikonsumsi oleh sebagian orang. Biasanya direbus lalu dimakan. Rasanya gurih dan lembut. Tapi jerami nangka selalu dibuang karena dianggap sampah yang tak bisa dimanfaatkan atau dijadikan pakan ternak.

Nah, anggapan ini ditepis oleh Chef Ervin yang bisa mengolah bagian-bagian dari nangka, kecuali kulitnya. Ia mengatakan, selain daging buah nangka yang manis untuk dimakan, jerami dan betonnya juga bisa diolah menjadi menu yang sedap. Jerami nangka memiliki nilai gizi dan kandungan serat yang cukup tinggi. Biji nangka juga bisa diolah menjadi sambal yang sedap.

“Nangka bisa diolah menjadi hidangan pembuka hingga penutup,” ujarnya.

Menurut Chef Ervin, kualitas buah nangka mempengaruhi kualitas jeraminya. “Kalau buahnya bagus, jeraminya juga bagus dan layak untuk diolah. Pilihlah nangka madu yang tidak mentah, juga tidak terlalu matang. Daging nangka madu tebal, manis, rasa betonnya enak dan jeraminya juga bagus. Cuci jerami untuk menghilangkan getahnya, kemudian bisa langsung diolah,” ujarnya.

Chef Ervin piawai mengolah menu-menu spesial dari nangka yaitu Nasi Jerami Nangka, Botok Jerami Nangka dan Sambal Biji Nangka.

1.Nasi Jerami Nangka

Bahan: ikan teri goreng, jerami nangka 80 gr disuwir tipis-tipis, bawang merah 5 biji dan bawang putih 5 biji yang diiris-iris halus, cabe merah & hijau besar, cabe rawit (iris halus), daun salam, laos dan seasoning.

Cara memasak: siapkan jerami nangka, semua bahan yang diiris halus dan minyak untuk menumis. tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, kemudian masukkan semua bahan. Tuang sedikit air dan bumbui dengan garam, gula dan oyster. Masak sampai jerami lunak, sajikan dengan taburan ikan teri.

2. Botok Jerami Nangka

Bahan: jerami nangka 80 gr disuwir tipis-tipis, bumbu merah, kelapa parut, air kelapa, telur, cabe merah dan cabe hijau besar, cabe rawit (iris halus), daun salam, daun jeruk, belimbing wuluh, udang dan seasoning.

Cara mengolah: siapkan jerami nangka, bumbu merah, kelapa parut, air kelapa, telur, cabe merah & hijau besar, cabe rawit (iris halus). Campur semua bahan jadi satu, jerami dan bumbunya. Siapkan daun pisang, letakkan daun salam, daun jeruk, belimbing wuluh dan udang. Tuangkan 1 sendok adonan botok, bungkus dan kukus sekitar 20 menit

3. Sambal Biji Nangka

Bahan: beton nangka 80 gr (iris tipis), bawang merah 5 biji & bawang putih 5 biji (iris halus), bawang merah & putih goreng, cabe rawit, minyak terasi, jeruk nipis dan seasoning.

Cara mengolah: siapkan bawang merah dan putih goreng dalam mangkok. Masukkan cabe yang diiris halus. Siapkan minyak terasi, setelah panas tuangkan ke dalam campuran cabe dan bawang. Lalu bumbui dan beri sedikit perasan jeruk.

Hmm..semua enak disantap dan bakal bikin ketagihan.

Penulis: Natalia Trijaji