Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Quest Hotel Darmo Berbagi Resep Olahan Daging Kambing; Sambut Idul Adha

Quest Hotel Darmo Berbagi Resep Olahan Daging Kambing; Sambut Idul Adha

Gaya hidup | Kamis, 30 Juli 2020 | 12:27 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Quest Hotel Darmo Berbagi Resep Olahan Daging Kambing; Sambut Idul Adha

Quest Hotel Darmo Berbagi Resep Olahan Daging Kambing; Sambut Idul Adha

Adakan demo memasak sup Tengleng via Instagram

Surabaya, Kabarindo- Idul Adha pada setiap tanggal 10 Dzulhijah merupakan hari raya yang penuh makna bagi umat muslim di seluruh dunia.

Pada hari tersebut, umat muslim berkurban dengan menyembelih hewan ternak. Di Indonesia hewan yang disembelih adalah sapi dan kambing. Daging hewan ini kemudian dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan diolah menjadi hidangan untuk disantap bersama keluarga.

Daging sapi dan kambing bisa diolah menjadi beragam masakan yang umumnya digemari masyarakat seperti gule, sate dan kare. Dibutuhkan ketrampilan dalam mengolah daging terutama daging kambing agar tidak beraroma prengus, empuk dan rasanya lezat.

Quest Hotel Darmo Surabaya berbagi resep cara mengolah daging kambing melalui akun Instagram @questsurabayahotel. Executive Chef Dolimin mendemontrasikan proses memasak secara langsung yaitu menu Tengkleng Kambing.

“Saya mengangkat masakan dengan cita rasa lokal khas Nusantara yang mudah dipraktekkan di rumah,” ujarnya.

Chef Dolimin menjelaskan, Tengkleng merupakan sup khas kota Solo yang berbahan dasar daging kambing dan tulang kambing yang dimasak dengan bumbu dari rempah-rempah seperti lengkuas, jahe, kunyit, serai, kemiri, pala, cengkeh dan santan yang dapat menambah aroma dan cita rasa khas masakan ini.

Menu Tengkleng berasal dari masa kolonial di Solo ketika banyak warga yang menggunakan sisa tulang dan jerohan yang tidak dimakan oleh kaum bangsawan. Dinamakan tengkleng karena masakan ini dulunya diletakkan di piring yang terbuat dari gebreng atau seng yang mengeluarkan bunyi ‘kleng, kleng, kleng’, sehingga tercetuslah nama Tengkleng.

“Idul Adha adalah salah satu perayaan yang paling dinanti oleh umat Islam. Selain momen berqurban, yang dinanti adalah makan bersama keluarga setelah shalat Idul Adha. Tengkleng adalah menu turun-temurun yang sering disajikan dalam acara keluarga. Kami berharap demo memasak ini bisa dipraktekkan masyarakat untuk menyajikan hidangan lezat untuk dinikmati bersama keluarga,” kata Doliman.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER