Nutrilon Royal; Ajak Orang Tua Siapkan Anak Hadapi Masa Depan

Nutrilon Royal; Ajak Orang Tua Siapkan Anak Hadapi Masa Depan

Nutrilon Royal; Ajak Orang Tua Siapkan Anak Hadapi Masa Depan

Kembangkan karakter tangguh lewat kegiatan bermakna

Surabaya, Kabarindo- Orangtua berperan penting dalam mempersiapkan anak agar tangguh dalam menghadapi masa depan.

Memahami hal tersebut, Nutricia melalui Nutrilon Royal menghadirkan Raise Them Ready Roadshow sebagai ajang berbagi inspirasi dan edukasi melalui talkshow dan family date bersama dokter anak dan psikolog. Acara ini membahas pentingnya asupan nutnsi, stimulasi dan pemberian kegiatan bermakna (purposeful exposure) agar si kecil tumbuh menjadi karakter yang tangguh dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Melalui kegiatan tersebut, para orangtua diharapkan dapat mengenal anak mereka dengan lebih baik sekaligus mendapatkan inspirasi bagaimana cara yang paling tepat dalam membimbing tumbuh kembang anak.

Menurut dr. Mira Irmawati Sp.A, ada beberapa faktor penting yang berperan dalam perkembangan anak, yaitu genetik, nutrisi, lingkungan termasuk stimulasi. Stimulasi pentlng karena mendukung perkembangan anak untuk memastikan kematangan fungsi tubuhnya seperti motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial & kemandirian, fisik, kreativitas hingga kognitif.

“Stimulasi melibatkan multi-sensorik dan besar kemungkinan si kecil akan terpapar kuman dan benda asung lainnya. Karena itu, pemberian kegiatan bermakna perlu diikuti oleh daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan berpikir yang baik, agar mereka siap mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari berbagai hal baru. Sistem daya tahan tubuh yang baik dapat dibangun sejak awal melalui pemenuhan nutrlsi seperti vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya,” papar dr.Mira.

Sejalan dengan fisik anak, faktor penting lain yang berperan besar bagi si kecil untuk tangguh menghadapi masa depan adalah karakter. Hal ini dibenarkan oleh Ajeng Raviando, Psi., M.Si, psikolog anak & keluarga. Ia menekankan pentingnya penanaman karakter sejak dini.

“Karakter yang tangguh sejak usia dini akan membuat anak siap menghadapi perubahan dan sutuasi tertentu dalam hidup seperti kegagalan, stres, tantangan. lingkungan baru, yang akan memberikan pengalaman hidup bermakna bagi mereka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ada 5 karakter tangguh yang perlu diasah se|ak dini yaitu berani, percaya diri dan mau mengambll resiko; mandiri, tidak bergantung pada orang lain; gigih, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai; adaptif, mudah menyesuaikan diri dalam setiap situasi; juga banyak akal, bisa bertindak cepat dan efektif dalam bermacam situasi dan pandai mencari solusi.

Ajeng mengatakan, pengembangan karakter tangguh dapat dilakukan melalui pemberian stimulasi melalui pengalaman baru atau kegiatan bermakna bagi anak yang diharapkan akan terjadi transformasi yang terukur dalam diri anak. Misalnya setelah melakukan permainan flying fox, anak terlihat bersemangat dan lebih berani untuk mencoba permainan lainnya tanpa perlu didorong oleh orang tua.

“Kegiatan bermakna dapat dilakukan dan disesuaikan pada setiap fase usia anak. Misalnya pada usia 1 tahun ke atas, anak bisa diajak bermain di luar ruangan. Usia 2-3 tahun, anak bisa diajarkan berbagai kemampuan baru seperti naik sepeda dan berenang. Lalu pada usia 4-6 tahun, anak bisa diajak jalan-jalan di alam terbuka seperti gunung dan pantai,” ujarnya.

Dalam upaya mendampingi orangtua dalam menentukan cara terbaik untuk melatih karakter anak, Nutrilon Royal memperkenalkan One Step Ahead Academy yang diperbarui dengan fitur baru tes karakter tangguh (Tes Resiliensi) untuk mengidentifikasi karakter si kecil yang dapat diakses di www onestepaheadacademy.com/tesresiliensi. Tes karakter ini melengkapi tes keterampilan yang diluncurkan pada 2018 untuk menemukan potensi lewat 6 jenis keterampilan, yaitu kognitif, verbal, motorik halus, kreatif, interaktif dan fisik. Tujuan tes ini untuk membantu orang tua dalam mengidentlfikasi kemampuan anak mereka.

Jeannette Giovani, Brand Manager Nutrilon Royal mengatakan ketangguhan si kecil tidak hanya bergantung dari fisik saja, tetapi juga dibutuhkan stimulasi tepat dan pengembangan karakter yang kuat. Ia percaya, proses belajar yang paling efektif adalah dengan praktek langsung. Maka Raise Them Ready Roadshow dihadirkan di Surabaya sehingga para orangtua bisa langsung belajar dari ahlinya. Mereka juga dapat ikut serta dalam rangkaian aktivitas orang tua dan anak untuk mengasah karakter tangguh si kecil, belajar bagaimana mendampingi anak menjadi gigih dengan siap jatuh dan bangun lagi, menjadi berani dengan menghadapi ketakutannya dan belajar menghadapi situasi asing.

“Kami percaya, peran keluarga sangat penting dalam menentukan kesiapan anak menghadapi masa depan. Rangkaian acara Raise Them Ready Roadshow ini diharapkan dapat menginspirasi para orang tua untuk mengembangkan karakter tangguh anak, juga membuat mereka merasa aman dan tenang bahwa anak mereka akan siap menghadapi kehidupan yang semakin kompleks dan berubah ini,” ujar Jeannette.

Penulis: Natalia Trijaji