Korea Festival 2018; Ajak Masyarakat Lebih Mengenal Negeri Ginseng

Korea Festival 2018; Ajak Masyarakat Lebih Mengenal Negeri Ginseng

Surabaya, Kabarindo- Tren Korea atau K-Pop tampaknya masih digandrungi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama anak muda.

Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung perempuan, khususnya remaja, yang antri ingin mengenakan Hanbok, busana tradisional Korea di salah satu booth di Korea Festival 2018 yang digelar di atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya, pada Jumat-Minggu, 2-4 Maret.

Mereka sabar menunggu giliran untuk mengenakan Hanbok dan berpose selfie. Busana ini memang indah serta membuat si pemakai tampak cantik dan anggun.

Booth tersebut merupakan salah satu booth yang ditampilkan di area K-Culture. Tersedia photo booth bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen mereka ketika berada di festival ini.

Korea Festival 2018 digelar Kementrian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea bersama Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta. Ini merupakan event tahunan yang selama 7 tahun berturut-turut digelar di Jakarta. Pada tahun ini untuk pertama kali digelar di Surabaya.

KTO Jakarta menggaet sejumlah mitranya seperti Korean Cultural Center (KCC), Korea Creative Content Agency (KOCCA) dan beberapa instansi dari Korea.

Irma Maulida dari Korea Tourism Organization Jakarta Office, mengatakan Korea Festival 2018 hadir dengan misi utama mengenalkan lebih dekat pariwisata, budaya dan kuliner Korea kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Surabaya dan sekitarnya.

“Festival kali ini mengusung tema K-travel, K-Culture, K-beauty, K-Food, K-Style dan K-Games,” ujarnya.

Di area K-Travel, terdapat beberapa booth travel agent di Surabaya seperti Haryono Tour, Honny World, Sun Tour dan Karmel Tour yang siap memberikan informasi dan referensi perjalanan ke Korea dengan harga khusus. Juga ada maskapai penerbangan Korea, Asia Airlines.

Pengunjung juga dapat menikmati hiburan diantaranya Buchaecum atau tari kipas tradisional Korea. Ada pula tarian modern Korea ala K-pop yang ditampilkan oleh tim Sachoom serta pertunjukan paduan perkusi dan komedi oleh tim Nanta. Bagi kaum perempuan, ada kelas menari K-Pop, demo make-up ala Korea dan demo rnemasak kuliner Korea yang akan berlangsung setiap hari. Sedangkan area K-Games bisa menjadi tempat untuk memuaskan diri bermain games.

Tak ketinggalan digelar Kompetisi K-pop Cover Dance dengan peserta dari Surabaya dan sekitarnya, sehingga pengunjung dapat memberikan dukungan kepada grup favorit masing-masing. Festival tersebut juga dimeriahkan oleh artis Calvin Jeremy dan Lee Jeong Hoon.

Irma berharap, Korea Festival 2018 dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengenal lebih dekat Negeri Ginseng tersebut. Event ini terbuka untuk umum dan gratis.

Penulis: Natalia Trijaji (Surabaya & Sekitarnya)