Klinik Pramita; Andalkan Teknologi Canggih & SDM Mumpuni

Klinik Pramita; Andalkan Teknologi Canggih & SDM Mumpuni

Klinik Pramita; Andalkan Teknologi Canggih & SDM Mumpuni

Siap buka cabang lagi di beberapa kota

Surabaya, Kabarindo- Memasuki usia ke-31, Laboratorium Klinik Pramita berkomitmen untuk meningkatkan layanan dengan teknologi canggih didukung SDM yang mumpuni.

Sarno Eryanto, Presiden Direktur Pramita, mengatakan kliniknya memiliki keunggulan SDM yang mumpuni, peralatan modern dan canggih serta melayani pemeriksaan yang komplit.

“Kami selalu meng-update teknologi modern didukung SDM mumpuni yang memberikan pemeriksaan secara komplit di sini. Jadi sekali datang, bisa periksa semuanya,” ujarnya di acara corporate gathering dan seminar ilmiah “Gizi Seimbang Penunjang Kesehatan Kerja” dalam rangka HUT ke-31 Pramita pada Selasa (16/10/2018).

Saat ini Pramita memiliki 32 klinik yang tersebar di berbagai kota, termasuk 6 klinik di Surabaya. Di Jatim antara lain juga ada di Kediri, Madiun dan Jember. Rencananya pada tahun depan akan dibuka beberapa cabang lagi di Jakarta, Tegal, Bali dan Pontianak.

Sarno menyebutkan investasi per klinik sekitar Rp.9 miliar-10 miliar yang bisa mencapai BEP dalam waktu 3-4 tahun. “Balik modalnya bergantung pada besar kecilnya kota. Kalau di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta sekitar 3-4 tahun,” ujarnya.

Sarno mengatakan, membuka cabang baru harus memperhatikan semua aspek. Selain peralatan yang memadai, SDM mumpuni merupakan kebutuhan mutlak bagi lab. klinik. Menurut Sarno, kendalanya mungkin pada sisi SDM.

Ia mengakui, saat ini terdapat banyak lab. terutama di kota-kota besar, baik lab. besar maupun kecil, sehingga terjadi persaingan yang ketat. Namun menurut Sarno, akan terjadi seleksi alam. Lab. kecil mungkin akan tersisih.

“Aturan pemerintah kan ketat. Lab. harus punya peralatan yang canggih dan SDM mumpuni. Juga ada quality control,” ujarnya.

Sarno menambahkan, selain Pramita yang mengakomodasi kalangan menengah ke atas, pihaknya juga memiliki Lab. Prospek untuk masyarakat menengah bawah. Tujuannya agar bisa merangkul semua lapisan masyarakat. Saat ini terdapat 2 klinik Lab. Prospek di Surabaya.

Sarno bersyukur, Pramita masih dipercaya masyarakat sebagai lab. jujugan. Ia menyebutkan, kunjungan ke klinik bisa mencapai 500 kunjungan dalam sehari.

“Prospek lab. klinik tetap cerah, karena akan terus dibutuhkan masyarakat. Orang sakit maupun sehat tetap butuh lab., untuk periksa, check-up,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji