Ingin Bikin Movie Vlog?: Simak 4 Komponen Penting Ini

Ingin Bikin Movie Vlog?: Simak 4 Komponen Penting Ini

Ingin Bikin Movie Vlog?: Simak 4 Komponen Penting Ini

Jefry Tribowo uraikan persiapan, syuting, editing dan publishing vlog

Surabaya, Kabarindo- Makin banyak orang yang tertarik untuk menjadi vlogger. Hal ini tentu saja membutuhkan pemahaman dan kemampuan dalam membuat vlog yang menarik.

Simak paparan Jefry Tribowo dan M.Ainun Ridho yang menjadi pemateri dalam Doctor Movlog (Movie & Vlog) Workshop & Competition 2020 yang digelar IKA FK Unair Surabaya. Kegiatan ini diperuntukkan pelajar, mahasiswa maupun kalangan umum yang berlangsung pada Sabtu (1/2/2020) di ruang Propadause FK Unair Surabaya.

Jefry Tribowo dikenal sebagai doctor vlogger yang memiliki latar belakang musik dan pendidikan sebagai dokter spesialis andrologi. Ia mengaku mulai membuat vlog kesehatan pada 2018. Ia kerap membagikan video pendek atau vlog bertema kesehatan lalu diunggah di akun sosialnya seperti di youtube.

“Mengapa saya sebagai dokter membuat vlog? Karena ada yang lebih penting dari sekedar mencari uang. Bikin video malah bisa keluar uang lebih banyak. Saya ingin berbagi pengetahuan tentang kesehatan kepada masyarakat. Dokter boleh saja mempromosikan kesehatan secara umum,” tuturnya.

Jefry menjelaskan cara menampilkan video kepada masyarakat agar mudah diserap. Ia memaparkan 4 komponen penting dalam membuat video yaitu persiapan, syuting, editing dan publishing. Sebaiknya harus menguasai semua ini.

Jefry menekankan untuk membuat konten yang segmented. Materi yang diunggah harus cocok dengan penonton yang disasar. Berikan informasi yang menarik dan berharga kepada target yang dituju. Misalnya informasi untuk anak muda tentang dampak ngopi pada senja hari. Juga gunakan bahasa sesuai dengan target yang dituju. Misalnya istilah yang kekinian.

“Bikinlah konten yang spesifik. Materi harus to the point dan bermanfaat. Lima detik pertama tayangan itu penting untuk merebut perhatian penonton. Kalau tidak, video kita akan dilewatkan,” ujar Jefry.

Ia menambahkan pentingnya memberikan ilustrasi yang pas dengan materi dan suara sebagai background. Jika perlu berikan sisipan unsur komedi supaya penonton tidak bosan. Durasi video pendek saja. Begitu pula endingnya harus berkesan. Ia juga memberikan saran bagaimana agar video ditonton orang sebanyak mungkin.

“Buatlah tumbnail dan judul yang menarik. Berikan deskripsi yang menunjang video dan hastag di Instagram. Banyak orang yang mencari suatu info atau materi dari hastag di Instagram,” ujar Jefry.

Ia menyarankan untuk tidak terlalu mempedulikan komentar negatif yang di sisi lain justru menunjukkan karya kita ditonton banyak orang.

“Tak perlu terlalu memikirkan komentar negatif selama konten yang kita buat adalah fakta dan benar,” ujar Jefry.

Sedangkan produser dan sutradara Film Jack, M.Ainun Ridho, mengatakan kini orang bisa berkarya via youtube. Kenyataannya memang semakin banyak yang tertarik menjadi youtuber, karena bisa mendapat penghasilan besar dan di-endorse.

Menurut Ainun, industri film lndonesia saat ini semakin menggembirakan. Makin banyak film yang meramaikan dunia perfilman di negeri ini. Setiap bulan ada saja film baru yang diputar di bioskop. Sebagian besar bergenre horor, sebagian lainnya drama dan komedi.

Ainun mengajak terutama anak muda untuk membuat film Indonesia yang edukatif bagi masyarakat. Ia memaparkan tentang teknik membuat film. Ia juga memberikan kiat-kiat khusus tentang bagaimana membuat film pendek maupun dokumenter yang baik sehingga tepat sasaran.

Penulis: Natalia Trijaji