Indosat Ooredoo Berhasil Antisipasi Kenaikan Trafik; pada Momen Natal & Tahun Baru 2020

Indosat Ooredoo Berhasil Antisipasi Kenaikan Trafik; pada Momen Natal & Tahun Baru 2020

Indosat Ooredoo Berhasil Antisipasi Kenaikan Trafik; pada Momen Natal & Tahun Baru 2020

Peningkatan trafik data 12,8% dibandingkan hari normal dan melonjak 60,92% dibandingkan tahun lalu

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi lonjakan trafik layanan telekomunikasi selama libur panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kesiapan tersebut dengan meningkatkan kapasitas data sebesar 26.352 TB atau lebih tinggi 36% dari trafik data harian, yang mampu mengatasi kenaikan trafik data paling tinggi sebesar 11.406 TB pada 1 Januari 2020 atau meningkat 19.9% dibandingkan hari normal. Keberhasilan dalam melayani kebutuhan digital pelanggan ini juga merupakan hasil dari pembangunan BTS 4G secara masif sejak akhir tahun lalu.

SVP-Head of Network Operations Indosat, Agus Sulistio, mengatakan pihaknya dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada para pelanggan selama masa libur Natal dan tahun baru. Hal ini tidak lepas dari kerja keras seluruh tim di lapangan untuk memastikan layanan telekomunikasi berjalan lancar.

“Inisiatif perusahaan untuk menggelar jaringan 4G telah menunjukkan hasilnya sebagaimana yang terlihat di laporan salah satu perusahaan independen yang melakukan analisis terhadap pengalaman jaringan seluler, dimana Indosat Ooredoo menjadi operator dengan peningkatan throughput paling signifikan di Indonesia,” ujarnya.

Pada momen Natal, Indosat Ooredoo mencatat peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari H sebesar 16,50%, trafik voice dan SMS terjadi pada H-2 sebesar 5% dan 29% dibandingkan hari normal. Saat pergantian tahun baru, trafik data meningkat 19,91%, trafik voice menurun 5,73%, dan trafik SMS meningkat 17,54%. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan untuk mengisi waktu liburan adalah Facebook, Instagram, Line, WhatsApp dan Youtube. Kenaikan trafik layanan telekomunikasi terjadi di beberapa kota seperti Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi dan Magelang.

Untuk memastikan Indosat Ooredoo dapat melayani masyarakat dan pelanggan dengan baik, kegiatan monitoring jaringan dilakukan secara intensif melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center), fasilitas monitoring & pengendalian jaringan secara terpadu baik untuk semua layanan Indosat Ooredoo. i-NOC juga berperan meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

Layanan pelanggan Indosat Ooredoo melalui saluran pelanggan seperti email, twitter serta aplikasi MyIM3 juga memberikan dukungan atas keluhan ataupun kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan.

Penulis: Natalia Trijaji