Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Global Findex; Indonesia Raih Kemajuan Inklusi Keuangan Tercepat

Global Findex; Indonesia Raih Kemajuan Inklusi Keuangan Tercepat

Hiburan | Jumat, 27 April 2018 | 11:43 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Global Findex; Indonesia Raih Kemajuan Inklusi Keuangan Tercepat

Indonesia, Kabarindo– Data terbaru dari Global Findex (Financial Inclusion Index) yang baru saja dirilis oleh Bank Dunia menemukan bahwa Indonesia merupakan negara dengan kemajuan tercepat, di kawasan Asia Timur dan Pasifik, dalam membawa masyarakatnya ke dalam sistem keuangan formal di tiga tahun terakhir ini.

48.9 persen orang dewasa Indonesia saat ini telah memiliki rekening bank, menunjukkan lompatan besar dalam upaya negara ini meningkatkan inklusi keuangan. Pencapaian ini juga menandai perkembangan yang signifikan dari 36 persen kepemilikan rekening bank di tahun 2014 dan 20 persen di tahun 2011. Antara tahun 2014 dan 2017, Indonesia juga merupakan negara dengan pertambahan jumlah kepemilikan rekening bank terbesar dibanding negara berkembang lain di wilayah Asia Timur dan Pasifik.

Dalam hal penggunaan rekening untuk tabungan, Indonesia juga memiliki nilai yang kuat, yakni 10 poin lebih tinggi dibanding rata-rata negara berkembang lain di dunia. 42 persen dari pemilik rekening menabung di sebuah institusi keuangan formal seperti bank maupun institusi keuangan mikro.

Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, selaku Ketua Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif, Republik Indonesia, menyatakan: “Inklusi masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank menjadi prioritas utama negara kita dalam beberapa tahun terakhir, dan kita semakin bertekad dengan adanya pengakuan internasional atas kemajuan yang kita buat, meningkatkan inklusi keuangan di seluruh wilayah Indonesia. Kita khususnya bangga terhadap lompatan besar kita dalam menutup disparitas gender – saat ini, perempuan memiliki kecenderungan lebih besar memiliki rekening bank daripada pria di Indonesia. Kesuksesan ini utamanya dikarenakan transisi kita ke pembayaran digital dan kita berharap lebih banyak negara memanfaatkan digitalisasi untuk membantu masyarakatnya memerangi kemiskinan, mengurangi ketidaksetaraan sosial, dan membantu pemerintah lebih efisien.”

Kesetaraan Gender dan Pendapatan

Di Indonesia, perempuan memiliki 5 persen kecenderungan lebih tinggi dibanding pria dalam hal kepemilikan rekening bank. 51 persen perempuan memiliki rekening bank, dibandingkan pria dengan 46 persen. Meskipun demikian, perempuan dan pria memiliki kemungkinan yang sama dalam hal memiliki rekening bank yang aktif.

Kesempatan Digital untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan

Dengan sekitar 60 juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki rekening bank namun menggunakan telpon selular saat ini, ada kesempatan besar untuk penetrasi pembayaran dan transaksi mobile secara luas di Indonesia.

Di Indonesia, 33 persen masyarakat tanpa rekening bank menyatakan jarak sebagai alasan utama tidak memiliki rekening, dan 69 persen dari segmen masyarakat ini memiliki telpon selular mereka sendiri. Diantara para pemilik rekening tabungan di tingkat populasi local, 71 persen melakukan atau menerima pembayaran secara digital, naik dari 62 persen di tahun 2014.

Jutaan orang dewasa Indonesia tanpa rekening bank bekerja di sektor swasta dan menerima penghasilan dalam bentuk tunai. Hampir sekitar 20 juta pegawai swasta yang tidak memiliki rekening bank di negeri ini memiliki telpon selular. Diperkirakan, mendigitalisasi pembayaran gaji di sektor swasta dapat mengurangi jumlah orang dewasa tanpa rekening bank di Indonesia hingga 29 persen.

Database dari Global Findex adalah laporan paling komprehensif di dunia terkait bagaimana orang dewasa menabung, meminjam, melakukan pembayaran, dan mengelola resiko. Diluncurkan dengan pembiayaan dari the Bill & Melinda Gates Foundation, database ini telah diterbitkan setiap tiga tahun dari tahun 2011. Data tersebut dikumpulkan dengan menggandeng Gallup, Inc., melalui survey perwakilan nasional terhadap lebih dari 150.000 orang dewasa di 140 negara.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER