Gerakan Cerita Indonesia Kita; Ajak Remaja Rangkul Keberagaman

Gerakan Cerita Indonesia Kita; Ajak Remaja Rangkul Keberagaman

Gerakan Cerita Indonesia Kita; Ajak Remaja Rangkul Keberagaman

Clean & Clear dorong remaja percaya diri apapun latar belakang, kondisi dan warna kulit mereka, adakan kompetisi perjalanan

Surabaya, Kabarindo- Clean & Clear memperkenalkan gerakan 'Cerita Indonesia Kita' yang mengajak pada remaja puteri agar tampil percaya diri apapun latar belakang, kondisi dan warna kulit mereka dengan merangkul indahnya keberagaman.

Gerakan tersebut diluncurkan pertama di Jakarta pada Agustus lalu, disusul di Surabaya di SMKN 6 Surabaya pada Jumat (7/9/2018) dengan mengadakan workshop yang diikuti lebih dari 100 siswi dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata. Di acara ini, Clean & Clear mendorong para remaja agar bergabung dalam gerakan tersebut dan bangga menjadi bagian dari Indonesia yang penuh warna.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau serta700 suku dengan beragam budaya dan bahasa daerah. Namun remaja Indonesia mungkin kurang memahami tentang arti keberagaman dan pentingnya sikap toleransi. Karena itu, penting bagi remaja yang merupakan generasi penerus bangsa untuk memahami lebih mendalam mengenai keberagaman serta menghargai keunikan masing-masing.

Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear Indonesia, mengatakan Clean & Clear meluncurkan gerakan ‘Cerita Indonesia Kita untuk menginspirasi remaja, siapapun mereka dan dimanapun berada untuk merangkul keberagaman dalam segala bentuk. Jika remaja dapat memahami serta menghargai hal ini, mereka bisa menikmati hidup dengan penuh percaya diri.

“Gerakan Cerita Indonesia Kita mengajak remaja puteri untuk merangkul dan menghargai keindahan dari keberagaman sebagai bagian dari kehidupan mereka dalam berbagai bentuk,seperti warna atau jenis kulit, etnis, budaya dan bahasa. Dengan keyakinan ini, kami berharap remaja dapat terus menjaga nilai persatuan dan kesatuan Indonesia, ujarnya.

Sebagai bagian dari gerakan tersebut, Clean & Clear mengadakan Kompetisi Perjalanan ‘Cerita Indonesia Kita’ sejak 15 Agustus 2018 hingga 2019 nanti. Para remaja puteri diajak menjelajah berbagai daerah pariwisata di Indonesia dan mengenal kebudayaan di sana, agar memahami perbedaan serta membantu mereka untuk menerima dan menghargai diri sendiri, juga lebih percaya diri untuk meraih potensi masing-masing secara maksimal.

“Kompetisi ini akan mengangkat beberapa lokasi tujuan wisata di Indonesia. Lokasi pertama, dipilih Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alam serta adat budaya yang masih kental. Kami akan mengajak para remaja puteri untuk mengunjungi situs pariwisata lokal, mempelajari budaya serta berinteraksi dengan remaja puteri tuan rumah (host) dan penduduk setempat sehingga benar-benar dapat merasakan nilai keberagaman secara langsung. Dengan merangkul indahnya keberagaman Indonesia, kami berharap dapat menumbuhkan rasa bangga dalam diri mereka dan meneruskan nilai yang mereka dapat kepada remaja lainnya. Di sisi lain, kompetisi ini juga mendukung pertumbuhan pariwisata lokal,” ujar Rian.

Kompetisi bisa diikuti remaja puteri usia 13-21 tahun dengan menebak lokasi persis yang diperlihatkan pada akhir video berdurasi 30 detik di www.cerita-kita.co.id/cerita-indonesia-kita atau bit.ly/tebakdimana. Akan dipilih 6 pemenang untuk diterbangkan ke destinasi wisata sesuai periode kompetisi.

Untuk menjangkau lebih banyak remaja puteri, Clean & Clear bekerja sama dengan SabangMerauke mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di berbagai daerah. SabangMerauke adalah gerakan yang bertujuan ikut #merawattoleransi di Indonesia. Salah satu programnya adalah pertukaran pelajar antar daerah di Indonesia untuk menanamkan semangat toleransi.

Ayu Kartika Dewi, salah satu Co-Founder SabangMerauke, mengatakan toleransi tidak hanya dapat diajarkan, tapi harus dialami atau dirasakan. Cerita Indonesia Kita mendorong para remaja puteri untuk percaya diri, karena untuk dapat menerima perbedaan orang lain, kita harus bisa menerima hal-hal yang ada pada diri kita lebih dulu.

Penulis: Natalia Trijaji