Gebyar Inovasi & Teknologi Jatim 2019; Tingkatkan Daya Saing Daerah

Gebyar Inovasi & Teknologi Jatim 2019; Tingkatkan Daya Saing Daerah

Gebyar Inovasi & Teknologi Jatim 2019; Tingkatkan Daya Saing Daerah

Ajang bertukar informasi antara para peserta serta berbagi pengetahuan dan wawasan

Surabaya, Kabarindo- Debindo Mitra Tama bekerja sama dengan Pemprov Jawa Timur mengadakan Gebyar Inovasi & Teknologi Jatim 2019 pada 26-28 November 2019 di Dyandra Convention Center Surabaya.

Event tersebut merupakan gelaran kedua setelah dianggap sukses pada tahun lalu. Tujuan pameran ini untuk meningkatkan daya saing daerah. Event diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari berbagai institusi dari pemerintah kota maupun kabupaten di Jatim, juga lembaga swasta dan institusi pendidikan termasuk perguruan tinggi.

Pameran tersebut menampilkan beragam produk inovasi dan perkembangan teknologi, talkshow serta kompetisi, sekaligus bisa menjadi ajang temu bisnis.

Pameran dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jatim, Agus Wahyudi yang mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Dalam sambutan yang dibacakan Agus, Khofifah mengatakan dinamika Jatim mengharuskan provinsi ini untuk siap menghadapi perkembangan dan berbagai tantangan. Untuk itu dibutuhkan percepatan dan perluasan ekonomi agar mampu bersaing di antaranya melalui kemajuan teknologi dan inovasi.

“Pameran ini dapat memberikan pengetahuan, wawasan dan bertukar informasi antara para peserta. Karena itu, diharapkan ajang ini dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ujar Agus.

Ia mengatakan, banyak inovasi bagus yang dihasilkan dan ditampilkan oleh peserta pameran, namun belum dipatenkan, belum memiliki Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Padahal ini sangat penting untuk melindungi karya mereka. Untuk itu, Balitbang Jatim akan melakukan pendataan. Ia menambahkan, pihaknya memiliki program untuk membantu pengurusan paten karya masyarakat.

Direktur Utama PT Debindo Mitra Tama, Dadan Kushendarman, mengatakan pameran tersebut dapat mendukung kegiatan edukasi. Karena itu diadakan kegiatan seminar maupun lomba. Event ini juga bisa menjadi forum bertemunya penyedia dan pengguna teknologi.

“Event ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang capaian inovasi teknologi. Para pengunjung bisa melihat perkembangan teknologi dalam pameran ini,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji