Embran Nawawi Kreasikan Pohon Natal dari Kain Batik Pamekasan; Motif Bunga & Kupu-kupu

Embran Nawawi Kreasikan Pohon Natal dari Kain Batik Pamekasan; Motif Bunga & Kupu-kupu

Embran Nawawi Kreasikan Pohon Natal dari Kain Batik Pamekasan; Motif Bunga & Kupu-kupu

Terdiri dari lebih dari 50 potong kain batik, sambut Natal & Tahun Baru 2021 di Quest Hotel Darmo Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Tak terasa, waktu cepat berlalu. Sebentar lagi hari Natal tiba dan tahun berganti menuju 2021.

Untuk merayakannya, Quest Hotel Darmo Surabaya menghadirkan pohon Natal yang kreatif dan unik terbuat dari kain batik kreasi desainer Embran Nawawi yang bertahun-tahun menggeluti dunia batik Madura, khususnya Pamekasan.

Melly Aruni, Public Relation Officer Quest Hotel Darmo Surabaya, mengatakan pada setiap perayaan Natal, pihaknya selalu berusaha membuat sesuatu yang menarik. Pada tahun lalu, Quest membuat pohon Natal dari daun buah nanas. Menyambut Natal kali ini, pihaknya menggandeng Embran dan produsen batik Pamekasan untuk mengkreasikan pohon Natal dari kain batik.

“Pohon Natal ini akan dipajang di area lobi selama Desember. Ini menjadi sesuatu yang istimewa, karena berbeda dari pohon Natal biasanya. Mengusung konsep dan memadu-padankan batik sebagai budaya tradisional Nusantara dengan sebuah perayaan,” ujarnya.

Embran menjelaskan, pohon Natal tersebut memiliki tinggi 3,5 meter, terbuat dari batik Svarnabhumi Pamekasan dengan motif bunga dan kupu-kupu. Membutuhkan sekitar 100 meter kain atau setara dengan lebih dari 50 potong kain batik. Pemilihan warna juga disesuaikan dengan filosofi perayaan Natal. Ada kain dengan warna hijau, merah, keemasan, putih dan ungu.

“Setiap warna memiliki karakteristik yang berbeda. Hijau melambangkan kesuburan dan kesegaran, sedangkan merah melambangkan keceriaan dalam perayaan Natal. Warna coklat keemasan sebagai lambang kemakmuran, putih diletakkan di paling atas karna melambangkan kesucian menuju Tuhan, sedangkan ungu menjadi warna khas identik dengan Quest Darmo Surabaya,” papar Embran.

Sebagaimana lazimnya, pohon Natal tersebut dihiasi lampu-lampu dan pernak pernik. Di bawahnya terdapat hadiah-hadiah yang juga dibungkus kain batik. Menurut Melly, pembuatan dan pemasangan pohon Natal tersebut serta berbagai hadiah, lampu dan pernak-perniknya dilakukan oleh Embran bersama tim-nya dan tim hotel.

“Banyak tamu hotel yang senang berfoto di sini,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji