Dua Mantan Wartawan Kompas Ikut Seleksi Dirut TVRI

Dua Mantan Wartawan Kompas Ikut Seleksi Dirut TVRI

Dua mantan wartawan Harian Kompas, Suryopratomo dan Buyung Wijaya Kusuma ikut dalam seleksi calon Direktur Utama Televisi Republik Indonesia. Keduanya  akan bersaing dengan 28 nama calon lainnya dari proses penjaringan dan pendaftaran yang digelar oleh Direksi dan Dewan Pengawas TVRI pada 2-12 Februari 2020.

Suryopratomo atau yang akrab disapa Tom atau Tomy ini mengawali karier di Kompas dari jenjang paling bawah yakni reporter. Ekonomi, Politik dan Olahraga adalah tiga bidang yang paling dikuasai pria kelahiran Bandung 12 Mei 1961 ini. Karier puncak Tom di Harian Kompas adalah sebagai Pemimpin Redaksi di tahun 2000.

Pria lulusan Institut Pertanian Bogor kemudian memilih melanjutkan karier di Televisi. Tom bergabung dengan Media Grup. Di perusahaan milik Surya Paloh ini, Tom dipercaya menjadi Direktur Pemberitaan MetroTV. Puncaknya, Pria yang pernah dipercaya sebagai Ketua Forum Pemred, dipercaya menjadi Direktur Utama MetroTV.

Sementara itu, Buyung Wijaya Kusuma atau yang akrab disapa “Boy” ini memiliki karier yang tak kalah panjang di Harian Kompas. Mengawali karier sebagai wartawan Koresponden di Makassar, Boy kemudian diangkat sebagai jurnalis Harian Kompas. Boy pernah ditugaskan di Cilegon, Batam, dan Palembang sebelum kembali ke Jakarta.

Boy merupakan salah satu pemrakarsa cikal bakal lahirnya KompasTV. Boy pun dipercaya menjadi General Manager News dan GM Sport di KompasTV. Pria kelahiran Makassar 10 Januari 1970  ini, juga membangun dan menjadi Penanggung Jawab/Pemimpin Redaksi Channel Bola Indonesia dan Otomotif Indonesia di K-Vision. Boy juga pernah dipercaya sebagai GM Produksi KG Production. Setelah pensiun  dari Kompas, Boy mendirikan Tawaf TV sekaligus menjadi Penanggung Jawab dan Pemimpin Redaksi.

Berikut 30 nama calon Dirut TVRI

1.    Suryopratomo
2.    Buyung Wijaya Kusuma
3.    Hendra Budi Rahman
4.    Daniel Alexander
5.    Wellim Pattipawae
6.    J. Erwiantoro
7.    Rudy Budiman
8.    Agus Masrianto
9.    Partiman
10.    Andre Notohamijoyo
11.    Zainuddin Latuconsina
12.    Widodo Edi Sektiono
13.    Taufan Syah
14.    Zahera Mega Utama
15.    R. Sudariyanto
16.    Slamet Suparmaji
17.    Ida Bagus Alit Wiratmaja
18.    Audrey G Tangkudung
19.    Wisnugroho
20.      Akmal Yusmar
21.    Yuma Shanelmon
22.    Haris Subagio
23.    Agus Prijadi
24.    Fuji Yama
25.    Farid Subkhan
26.    Aat Surya Sufaat
27.    Gusti Randa
28.    Charles Bonar Sirait
29.    Imam Brotoseno
30.    Rodalany Andersen L. Tobing