Dekan Cup 2019 FK Unair Siap Digelar; Dibuka dengan Fun Run 6 K

Dekan Cup 2019 FK Unair Siap Digelar; Dibuka dengan Fun Run 6 K

Dekan Cup 2019 FK Unair Siap Digelar; Dibuka dengan Fun Run 6 K

Targetkan 1.000 peserta, di setiap pos berikan penyuluhan narkoba

Surabaya, Kabarindo- BEM KM Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga siap menggelar Dekan Cup FK Unair 2019 yang bakal berlangsung pada 17 Maret-3 Mei 2019.

Kegiatan tahunan ini meliputi opening, competition session dan closing. Untuk opening terdiri dari 3 acara utama yaitu fun run, showcase dan pemeriksaan kesehatan gratis. Fun run akan diadakan pada Minggu (17/3/2019) yang bertajuk Fun Run 6K.

Ketua Sub Divisi Acara Dekan Cup FK Unair 2019, Narendra Lintang Yudhisthira, mengatakan Fun Run 6K akan mengawali rangkaian kegiatan Dekan Cup 2019. Ia menargetkan jumlah peserta mencapai 1000 orang dari kalangan pelajar SMP dan SMA, mahasiswa, dokter, sivitas akademika FK Unair, komunitas lari maupun masyarakat.

Narendra menjelaskan, konsep Fun Run berupa lari pagi dengan mengusung tema “Drug Abuse: Alternating Euphoria” yang dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap penyalahgunaan narkoba. Ia mengatakan, penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat ini menjadi perhatian lebih serius dari pada sebelumnya.

“Menurut data WHO, sekitar 450 ribu orang meninggal akibat penggunaan narkoba pada 2015. Dari angka ini, 167.750 kematian dikaitkan secara langsung dengan gangguan penggunaan narkoba (terutama overdosis),” ujarnya.

Dengan tema tersebut, para peserta fun run tidak hanya mengikuti kegiataan lari, namun diajak pula untuk mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba di pos-pos yang ditentukan nantinya. Di setiap pos akan ada talent man yang memperagakan keadaan seseorang jika terkena penyalahgunaan narkoba dan bagaimana kita menghindari kecanduan tersebut. Acara juga dimeriahkan dengan bubuk warna-warni untuk menambah euforia AIRUN.

Fun Run 6K akan menempuh rute 6 kilometer yang dimulai dari kampus A Unair - kampus B, Grand City Mall, Balai Kota Surabaya dan finishing point di kampus A. Para pelari tidak perlu khawatir akan kelelahan, karena sudah disiapkan water station dengan tim medis yang berjaga di daerah tertentu.

Dengan biaya pendaftaran Rp.150 ribu, tiap peserta akan mendapatkan jersey race, bib, tas serut dan medali. Para pelari yang tidak menang tetap akan membawa pulang medali all-finisher dan bagi para pemenang akan mendapat hadiah total hampir Rp. 10 juta. Total akan ada 6 pemenang untuk kategori wanita dan pria.

Ketua Divisi Acara, As'ad Naufal, mengatakan pada kegiatan tersebut juga diadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para peserta lari maupun masyarakat. Pemeriksaan ini bekerja sama dengan beberapa departemen dari RSUD Dr. Soetomo dan Laboratorium Klinik Prodia. Pemeriksaan kesehatan mencakup spirometri, rapid tes untuk gula darah, kolestrol, asam urat dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Sedangkan prodi Batra memberikan pemijatan gratis.

Selain itu, terdapat bazar dengan bermacam kuliner terkini dalam food festival yang akan memuaskan lidah masyarakat. Tak ketinggalan panggung hiburan yang akan diisi bakat-bakat dari mahasiswa dan mahasiswi FK UNAIR seperti penampilan band-band internal, flashmob dan berbagai penampilan lainnya. Tersedia pula photobooth serta dekorasi yang bisa dipakai untuk berfoto ria.

Penulis: Natalia Trijaji