Barista Adu Kreativitas Meracik Kopi dengan Rasa Unik; dalam Surabaya Coffee in Good Spirit

Barista Adu Kreativitas Meracik Kopi dengan Rasa Unik; dalam Surabaya Coffee in Good Spirit

Barista Adu Kreativitas Meracik Kopi dengan Rasa Unik; dalam Surabaya Coffee in Good Spirit

Padukan kopi dengan minuman lain

Surabaya, Kabarindo- Bagi pecinta kopi, rasa dan kualitas adalah yang utama. Sebagian orang rela merogoh kocek lebih untuk bisa menikmati kopi yang enak dari jenis yang berkualitas tinggi.

Kini ngopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari, terutama bagi anak muda di perkotaan. Hal ini direspon dengan munculnya banyak tempat ngopi mulai dari warkop hingga kafe serta hadirnya barista-barista untuk melayani mereka. Para barista ini siap menunjukkan kepiawaian mereka dalam meracik kopi yang diinginkan para pecinta kopi.

Pada 1 Oktober 2019 yang diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia atau World Coffee Day, Novotel Samator Surabaya Timur menggelar kegiatan Surabaya Coffee in Good Spirit. Kegiatan ini merupakan kompetisi kreativitas dalam hal meracik kopi yang diikuti 40 peserta dari berbagai hotel dan restoran di Surabaya, Malang, Yogyakarta hingga Bali.

Mereka unjuk kebolehan dalam mencampur kopi dengan minuman lain atau lazim disebut Mixology. Kepiawaian mereka dinilai oleh 3 juri yang memiliki kredibilitas dalam meracik minuman, yaitu Tristan Destura, Brand Ambassador Maison Routine 1883 dari Filipina, Zaky Bojeck dari Local Heroes Surabaya dan Aldho Goenawan, pemenang Diageo World Class Indonesia pada 2017. Mereka memberikan penilaian berdasarkan perspektif masing-masing, mulai dari teknik pencampuran, keseimbangan campuran bahan hingga presentasi akhir.

Para peserta harus berkiblat pada standar yang sudah ada. Itu patokannya. Jika berubah, mereka harus bisa menjelaskan alasannya,“ kata Aldho.

Fajar, Food & Beverages Manager Novotel Samator Surabaya Timur, mengatakan kompetisi tersebut merupakan yang pertama kali diadakan di Surabaya bahkan di Jawa Timur.

Kopi sekarang kan banyak digemari. Kami ingin mengapreasi para barista dan melihat kompetensi mereka dalam hal meracik minuman, ujarnya.

Pemenang pertama dalam kompetisi tersebut mendapatkan hadiah uang tunai Rp.5 juta, sedangkan untuk pemenang kedua dan ketiga mendapatkan Rp.3 juta dan Rp.1,5 juta.

Penulis: Natalia Trijaji