100 TAHUN HENDRA GUNAWAN; Koleksi Karya Dipamerkan

100 TAHUN HENDRA GUNAWAN; Koleksi Karya Dipamerkan

Jakarta, Kabarindo- Sebagai salah satu pelukis maestro legendaris Indonesia, nama Hendra Gunawan tentunya tidak asing didengar oleh para penikmat seni, khususnya seni lukis.

Karakter lukisan beliau dikenal berani dengan goresan cat tebal, dan juga memiliki ekspresi warna kontras apa adanya. Maka tidak heran jika karya-karyanya menarik minat dan banyak dikoleksi oleh para kolektor seni.

Hendra Gunawan merupakan salah satu maestro lukis Indonesia, sejajar dengan Affandi, S. Sudjojono, dan Basuki Abdoelah; dengan pencapaian harga lukisannya yang berjudul Ali Sadikin During the Independence War senilai HKD 33,240,000 melalui balai lelang Sotheby’s di Hong Kong tahun 2016 lalu, yang merupakan salah satu lukisan termahal dalam sejarah seni modern Asia.

Museum Ciputra Artpreneur, menampilkan koleksi seni rupa Dr. (HC) Ir. Ciputra yang secara dominan memperlihatkan kekaryaan Hendra Gunawan yang serta merta memberikan informasi dan perspektif tentang perkembangan Seni Indonesia dari periode modernisme sampai hari ini.

Di tahun 2018 ini, Museum Ciputra Artpreneur dengan bangga memperingati 100 tahun sosok Hendra Gunawan.

Untuk pertama kalinya, akan dipamerkan koleksi terbesar Dr. (HC) Ir. Ciputra untuk dinikmati publik. Acara besar peringatan akan diadakan pada 4 - 12 Agustus 2018, dengan menampilkan pameran dalam payung kuratorial “Wanita dan Keluarga”, dikuratori oleh Agus Dermawan T. dan Aminudin TH Siregar.

Mengambil potongan dari catatan kuratorial Aminudin TH Siregar, “Keragaman Hendra dalam menghadirkan wanita membuatnya memiliki kekhasan tersendiri dalam sejarah seni lukis Indonesia.

Ia, misalnya, melukiskan kaki-kaki wanita menopang berat tubuhnya dengan betis besar – membangun persepsi tentang sosok pekerja keras yang mandiri dan terhindar dari subordinasi lakilaki.

Representasi-representasi tersebut menunjukkan ‘pembelaan’ dan juga cara Hendra ‘memperjuangkan’ peran wanita di keluarga yang tentu saja berhubungan dengan kiprahnya di organisasi berideologi kiri yang memang dikenal aktif memperjuangkan emansipasi perempuan”.

Peringatan 100 tahun Hendra Gunawan di Museum Ciputra Artpreneur juga akan diramaikan dengan menampilkan pameran senirupa kontemporer, bentuk respon terhadap karya-karya dari sang Maestro dengan mengajak lebih dari 70 seniman kontemporer Indonesia untuk berpameran.

Pameran ini dikuratori oleh Rifky Effendy, salah satu kurator senirupa kontemporer Indonesia.

Tentunya peringatan 100 tahun ini akan dijadikan sebuah momen yang berkesan yang dapat dinikmati seluruh masyarakat, dengan mengadakan acara workshop pada 7 April, 4 Mei dan 4 Agustus (Weekend at The Museum), memamerkan karya Hendra Gunawan pada Art Jakarta, 2-5 Mei 2018.

Momen ini juga tidak akan dilewatkan begitu saja, akan diluncurkan buku eksklusif dan novel Hendra Gunawan yang dikemas dalam bincang seni bersama penulisnya, Agus Dermawan T.