Pertamina-Conocophillips; Tandatangani PJBG Penuhi Gas Kilang Dumai

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Saling Bersinergi

Jakarta, Kabarindo- PT Pertamina (Persero) dan ConocoPhillips (Grissik) Ltd, Jumat kemarin, menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) guna memenuhi kebutuhan gas untuk operasional proyek kilang Refinery Unit (RU) II Dumai, Riau.

Penandatanganan kerja sama jual beli tersebut dilakukan oleh Direktur Gas Pertamina Yenni Andayani dengan President & General Manager ConocoPhillips, Bijan Agarwal di Kantor Pusat Pertamina.

"Pembelian gas ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan gas di RU II Dumai pada fase konversi dan RDMP," kata Yenni di Jakarta, Jumat.

Yenni memaparkan PJBG akan berlangsung selama lima tahun dari 2018 sampai 2023, dengan total volume kontrak sebesar 65 triliun british thermal unit (TBTU).

Menurut dia, penandatanganan PJBG ini sebagai bentuk keseriusan Pertamina dalam mendorong pemanfaatan gas sebagai bahan bakar operasional kilang yang lebih efisien.

Gas tersebut akan dipasok dari WK Corridor dan Lapangan unitisasi yang terkait dengan Blok Corridor dimana titik penyerahan di Grissik Gas Plant Gate.

Penyerahan Gas akan dilakukan dalam 2 tahap, yakni Tahap I pada pertengahan 2018 hingga 2020 sebesar 57 juta standar kaki kubik per hari (MMCFD) dan tahap ke-II pada 2021 hingga proyek pengembangan kilang (Refinery Development Master Plan/RDMP) Dumai dimulai sebesar 120 MMCFD.

Yenni menambahkan penggunaan gas sebagai bahan bakar operasional di kilang menjadi salah satu jawaban bagi bisnis hilir Pertamina dalam upaya meningkatkan efisiensi di rantai kegiatan pengolahan.

"Ini merupakan langkah strategis dimana akan meminimalisasi biaya bahan bakar dalam operasi kilang," kata dia.

Untuk mendukung realisasi konversi gas di kilang Dumai, Pertamina juga tengah membangun jalur pipa transmisi Duri-Dumai sepanjang 67 Km bekerjasama dengan Transportasi Gas Indonesia seperti dilansir dari laman antaranews.













Berita Lainnya
BNI Siap Bantu Modal Usaha Purna TKI; Awesome

Jakarta, Kabarindo- BNI bersedia membantu permodalan bagi purna tenaga kerja Indonesia yang ingin membuka usaha di Tanah Air.

"Apabila membutuhkan bantuan usaha, BNI bisa membantu melalui


"International Tobacco Cartoon Exhibition 2017"; Ajang 100 Karya Prestisius

Semarang, Kabarindo- Sebanyak 100 karya kartunis dari berbagai wilayah dunia mengikuti pameran kartun tembakau bertajuk "International Tobacco Cartoon Exhibition 2017" di Wisma Perdamaian, Kota Semarang.

"Dari


Pasar Kentang Goreng Indonesia; Makin Diminati Belgia

Jakarta, Kabarindo– Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun 2017, bahkan berkontribusi pada produk domestik bruto (PDB) industri non-migas. Hal ini menarik para


Game Dawn of Civilization; Mulai Eksis Di Tanah Air

Jakarta, Kabarindo– Para ahli bidang pendidikan di Solve Education! merilis sebuah game, Dawn of Civilization yang diharapkan bisa membuat para anak-anak dan remaja di Indonesia menjadi lebih