Jokowi Berharap Anak Didik; Tak Cuma Di Didik Dalam Kelas

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Outdoor Class itu penting

Bogor, Jawa Barat, Kabarindo - Presiden Joko Widodo mengajak anak-anak untuk belajar tidak hanya di dalam ruangan atau pendidikan akademik rutin, tetapi juga pendidikan luar ruangan yang mengajarkan nilai-nilai kehidupan.

"Misal, anak SD, kenapa enggak dibawa ke kantor bank, biar mengerti sistem keuangan perbankan. Kenapa tidak diajak ke misalnya pabrik garmen untuk melihat, sebetulnya yang namanya pabrik kayak apa," ujar Presiden saat diskusi bersama pemuda-pemudi Indonesia saat peringatan Sumpah Pemuda di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu.

Presiden juga ingin anak-anak dibawa belajar ke museum atau tempat-tempat bersejarah guna mempelajari pendirian bangsa ini. Dengan belajar di luar ruangan, siswa bisa mendapatkan pelajaran kognitif seperti menyelesaikan masalah secara langsung.

"Jadi, anak langsung dihadapkan pada tantangan, anak dihadapkan pada masalah, anak dihadapkan pada problem riil yang ada, sesuai dengan level masing-masing," jelas Jokowi.

Presiden menyebut penerapan sistem pendidikan melalui digitalisasi perlu diperbaiki dan diperkuat. "Saya kira kalau ini bisa kita kerjakan, apalagi dengan aplikasi sistem yang bisa menjangkau sampai daerah terpencil sampai pulau terluar, akan cepat perubahan itu."
 
Jokowi memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama sejumlah pemuda-pemudi yang memiliki prestasi dan usaha UMKM.

Komunitas dan bisnis yang dirintis oleh pemuda juga memamerkan produk-produk mereka yang berkualitas seperti pakaian, tas, makanan dan minuman.

Apalagi pada saat rilis film WAGE, noir sang pencipta Lagu Indonesia Raya WR Soepratman, pada anak didik diberi penugasan menulis esai sosok muda berkarya bersama dengan pemuda saat itu yang sukses menggelar Kongres Pemuda II pas 28 Oktober 1928 yang melansir Sumpah Pemuda sebagai awal gerakan kemerdekaan.




Berita Lainnya
Sampoerna University Berikan Dana Kuliah hingga US$ 2 Juta

Jakarta, Kabarindo– Sampoerna University hari ini mengumumkan “Sampoerna University Best and Brightest Merit Awards” untuk tahun akademik 2018-2019 sebagai bukti komitmennya dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia.


Citilink Indonesia 2018; Dukung Pariwisata Samosir

SAMOSIR, Kabarindo- Citilink Indonesia mendukung internasionalisasi pariwisata Kabupaten Samosir melalui penandatanganan nota kesepakatan kerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat.

"Citilink Indonesia sangat bangga bisa turut serta


16 Investor Amerika; Sambangi KEK Mandalika

Jakarta, Kabarindo- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York membawa sebanyak 16 investor Amerika Serikat ke Indonesia untuk melakukan kunjungan ke sejumlah daerah yang memiliki potensi bisnis,


Mahasiswa Bangka Belitung; Terima Vivian Gordon Bowden

Jakarta, Kabarindo- Perwakilan Kedutaan Besar Australia menyerahkan Penghargaan Pendidikan Vivian Gordon Bowen pekan ini untuk dua mahasiswa Universitas Bangka Belitung, Nopa Laura dan Muhammad Abdul Kadir.