Danamon Entrepreneur Awards 2017; Umumkan 10 Finalis Dari Pelaku UKM & Fintech



Kontributor : Teks; Arul Arista / Foto2: IsT

Pendaftaran naik 14% dari tahun sebelumnya
Total lebih dari 600 pendaftar lintas sektor usaha dan wilayah Indonesia

Jakarta, Kabarindo- PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengumumkan 10 finalis Danamon Entrepreneur Awards (DEA) 2017.

Satu inisiatif Danamon dalam memberikan apresiasi atas prestasi wirausahawan Indonesia. Finalis DEA tahun ini terdiri dari berbagai sektor usaha dalam segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta penggiat fintech Indonesia. Para finalis dipilih oleh Dewan Juri yang terdiri dari perwakilan dari pemerintah, regulator, media, akademisi, dan pelaku usaha.

Total peserta DEA 2017 kali ini adalah 606 peserta, atau naik 14% dibandingkan tahun 2016 sebanyak 532 peserta. Dari total peserta yang mendaftar, 576 merupakan pelaku wirausaha dan 30 penggiat fintech.  Proses seleksi dan penjurian DEA 2017 tersebut dilakukan oleh Dewan Juri yang terdiri dari T. M. Zakir Machmud Ph.D - Direktur Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI), Ir. Yuana Setiowati Barnas, MM - Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Restu Pratiwi - Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Junanto Herdiawan - Plt Kepala Fintech Bank Indonesia, Ardian Taufik Gesuri – Pemimpin Redaksi Harian Kontan, Sebastian Togelang – Founding Partner Mountain Kejora Ventures. 

Ke-10 finalis yang terseleksi oleh Dewan Juri terdiri dari Nike Lidiyastuti Aritovani dari Ambon, Muhammad Bayu Hermawan dari Mataram, Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy dari Bandung, dan Halim Wibowo Santoso dari Pasuruan untuk kategori SME Entrepreneur. Sedangkan untuk kategori Social Entrepreneur, Dewan Juri memilih Irma Suryati dari Kebumen dan Alfi Irfan dari Bogor. Untuk kategori Fintech, PT Privy Identitas Digital, PT Alphanovation Digital Teknindo, PT Bareksa Portal Investasi, serta PT Investree Radhika Jaya menjadi pilihan Dewan Juri.

Para finalis akan mengikuti proses verifikasi lebih lanjut, serta dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

“Para finalis yang terpilih oleh Dewan Juri telah menunjukkan semangat kewirausahawan yang tinggi sebagai solusi untuk kesejahteraan masing-masing maupun lingkungan sekitar mereka. Mereka juga terdiri dari individu dengan latar belakang dan segmen usaha yang beragam, dari industri kuliner, pertanian, kerajinan tangan, hingga fintech. Pencapaian mereka merupakan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan kesejahteraan masyarakat. Semangat yang mereka tunjukkan sejalan dengan Visi Danamon, yaitu “’Kami peduli dan membantu jutaan orang untuk mencapai kesejahteraan,’” ujar Atria Rai, Head of Corporate Communications Danamon sekaligus Ketua Penyelenggara Danamon Entrepreneur Awards 2017.

Danamon Entrepreneur Awards 2017 merupakan kegiatan yang sebelumnya bernama Danamon Social Entrepreneurs Awards (DSEA) dan diselenggarakan secara rutin oleh Danamon sejak tahun 2006.  Selaras dengan prioritas strategi perusahaan yang fokus pada segmen Usaha Kecil Menengah (UKM), Danamon Entrepreneur Awards 2017 ditujukan untuk para wirausahawan yang sukses membangun usahanya serta memajukan perekonomian Indonesia.

Danamon Entrepreneur Awards 2017 terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu pengusaha dari segmen usaha kecil menengah, Social Entrepreneur atau pengusaha yang fokus kepada pemberdayaan masyarakat sekitar, serta Fintech Entrepreneur atau pengusaha dibidang teknologi keuangan (tekfin).

Setelah terpilihnya 10 finalis, dewan juri akan melakukan seleksi lebih lanjut, sehingga terpilih 5 peraih DEA 2017, yaitu “The Best Small Entrepreneur” untuk kategori pengusaha dengan penghasilan sebesar Rp500 juta – Rp5 miliar per tahun, “The Best Medium Entrepreneur” untuk kategori wirausaha dengan penghasilan Rp5 miliar – Rp50 miliar per tahun, “The Best Social Entrepreneur” untuk kategori Social Entrepreneur, “The Best Fintech Entrepreneur”, serta “The Most Promising Fintech Entrepreneur”.

Setelah terpilih 5 peraih, publik akan menentukan peraih favorit DEA 2017 melalui voting di website dan social media (Facebook – Bank Danamon dan twitter @danamon) pada tanggal 19 November 2017 – 5 Desember 2017. Puncaknya adalah Penganugerahan Danamon Entrepreneur Awards 2017 yang direncanakan pada tanggal 6 Desember 2017 di Jakarta.

Informasi lengkap mengenai DEA 2017 dapat dilihat di website resmi www.danamonawards.org, akun Facebook Danamon dan twitter @danamon.




Berita Lainnya
Nikmati Kuliner Singapura; Di Orchard Road Feast Shangri-La Surabaya

Surabaya, Kabarindo- Anda sering melancong ke Singapura dan menyukai kuliner di negara tersebut?

Tak perlu jauh-jauh ke sana jika ingin berwisata kuliner. Anda bisa menikmati beragam


Surabaya Fashion Parade 2018 Siap Digelar; Usung Tema UN11TE

Surabaya, Kabarindo- Tunjungan Plaza (TP) bersama Indonesian Fashion Chamber (IFC) bakal menggelar Surabaya Fashion Parade (SFP) 2018 yang akan berlangsung pada 2-6 Mei.

Ini merupakan event


Bayi Gaib Siap Tayang 15 Februari: A Dheeraj Kalwani Gandeng MD Pictures

XXI Metropole,  Salemba,  Jakarta,  Kabarindo- 2018, bisa jadi jadi tahun bangkitnya era keemasan film horror.

Paling tidak tiap pekan akan ada satu atau dua judul, sebelum Danur 2,


GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018; Siap Di Gelar

Jakarta, Kabarindo-  GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) di tahun 2018 akan hadirkan pameran khusus kendaraan komersial, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, yang akan