Pentingnya Asupan Gizi Yang Cukup; Bagi Ibu Hamil



Kontributor : Teks & Foto2: Natalia Trijaji (Kontributor Surabaya & Sekitarnya)

SUN Ibu tawarkan susu bagi ibu hamil dengan kandungan zat besi, asam folat, Omega 6 & 3, DHA, vitam

Surabaya, Kabarindo- Ibu hamil perlu mendapatkan asupan gizi yang cukup bagi dirinya maupun janinnya. Ibu hamil harus sehat dan cukup gizi untuk memastikan tumbuh kembang janin berjalan optimal.

Gizi selama kehamilan menjadi salah satu faktor penting untuk kualitas fisik dan kecerdasan anak pada masa depan. Kurangnya gizi pada masa kehamilan dapat menyebabkan risiko melahirkan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), juga menjadi salah satu penyebab kematian bayi.

Perlu disadari oleh calon ibu, gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dimulai sejak awal kehamilan. Sayangnya, banyak yang tak menyadarinya, sehingga masih banyak terjadi BLBR, bahkan bayi meninggal. Data Riskesdas 2013 menunjukkan, satu dari dua ibu hamil di Indonesia tidak tercukupi kebutuhan gizinya. Persentase balita usia 0-59 bulan dengan BBLR mencapai 10,2%.

Berdasarkan survei BPS pada 2016, angka kematian bayi di Jawa Timur mencapai 23,6%, sedangkan di Surabaya sebesar 19,5%. Padahal target MDGs (2015) mencanangkan untuk menjaga angka kematian bayi sekitar 23 per 1000 kelahiran atau setara dengan 2,3%.

Dr. Ekarini Aryasatiani, Sp.OG (K) mengatakan, bayi dikatakan BBLR jika berat lahirnya kurang dari 2500 gram. Dampak BBLR membuat organ tubuh bayi dan fungsinya kurang sempurna, pertumbuhan lamban, kemampuan kecerdasan kurang serta bayi berpotensi mengalami gangguan mental, fisik dan kesehatan.

“BBLR mempengaruhi kondisi bayi saat dilahirkan, juga kesehatan bahkan kelangsungan hidupnya pada masa depan,” ujarnya dalam seminar yang diadakan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. pada akhir pekan ini.

Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, ahli gizi ibu dan anak, menambahkan kecukupan energi dan zat besi yang baik selama kehamilan dapat membantu mencegah BBLR. Ibu hamil membutuhkan asupan zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro seperti energi dan protein berperan penting dalam proses metabolisme tubuh serta pembentukan plasenta dan organ janin. Sedangkan zat gizi mikro terutama zat besi, asam folat, asam lemak Omega 6 & 3, DHA, kalsium, vitamin dan serat, menjamin kehamilan yang sehat dan optimal.

Susan Ernawati, Head of Marketing Indofood Nutrition and Special Foods, mengatakan kelengkapan zat gizi tersebut dapat dipenuhi dengan meminum susu khusus untuk ibu hamil demi mencukupi kebutuhan gizi makro dan mikro sekaligus menghindari berbagai gangguan kehamilan.

Memahami hal itu, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. melalui Nutrition and Special Foods Division menghadirkan susu ibu hamil, SUN Ibu. Susan menjelaskan SUN Ibu mengandung zat besi, asam folat, Omega 6 & 3 tertinggi, DHA, vitamin B6 dan serat. Susu ini juga memiliki formulasi yang menghasilkan rasa yang enak dan tidak eneg bagi ibu hamil yang kerap mual dan muntah.




Berita Lainnya
Presiden Jokowi; Siap Buka Rakernas APDESI Di Medan

Medan, Kabarindo- Presiden Joko Widodo.

Ia dijadwalkan membuka Rapat Kerja Nasional atau Rakernas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia di Medan, Jumat.

"Ribuan kepala desa se


Bale Kambang & Gunungan; Mendunia Di Europalia Art Festival

Jakarta, Kabarindo- Pameran Seni Rupa Kontemporer Indonesia “LALU, KINI [Budaya Bendawi]” atau “PAST, PRESENT [Material Culture]” telah resmi dibuka
di Brussels dan Antwerp, Belgia, dalam rangka Europalia


Marlina; Jadi Jawara NETPAC Jury Award Di Polandia

Jakarta, Kabarindo- Dari rilis yang diterima redaksi.

Award tersebut dari Five Flavours Asian Film Festival. Festival ke 11 ini diadakan pada 15-22 November di ibukota Polandia,


HSBC Bersama Putera Sampoerna Foundation (PSF) Gandeng Sampoerna University (SU); Berdayakan Istri Nelayan Lewat Edukasi Keuangan

MAKASSAR, Kabarindo– Sebagai bagian dari komitmen untuk mendukung perluasan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, HSBC bekerja sama dengan Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan Sampoerna University pada hari