Banyuwangi 2017; Rilis Aplikasi Wisata Baru

Kontributor : Teks; Asrul Muchsen / Foto2: IsT

Banyuwangi In Your Hand

Banyuwangi, Kabarindo- Bupati Abdullah Azwar Anas.

Ia meluncurkan aplikasi wisata dan kuliner berbasis android Banyuwangi in Your Hand (Banyuwangi dalam Genggaman Anda) yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

"Banyuwangi ingin memanfaatkan teknologi di semua lini, termasuk di bidang pariwisata. Banyuwangi In Your Hand merupakan sebuah inovasi untuk memberi kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Sekaligus ini sesuai dengan perilaku pasar industri wisata yang hampir semuanya telah terdigitalisasi," kata Anas di Banyuwangi, Kamis.

Anas menjelaskan bahwa Banyuwangi in Your Hand menggunakan teknologi realitas tertambah (Augmented Reality/AR) dan realitas virtual (Virtual Reality/VR). Aplikasi menyediakan konten video, animasi, dan 3D yang terhubung dengan Google Maps.

"Apabila menggunakan Google Maps, masih harus mengetikkan lokasi yang diinginkan. Namun di Banyuwangi In Your Hand, ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS diarahkan sesuai arah angin maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya," ujar Anas.

Anas pun mempraktikkan penggunaan aplikasi ini di telepon pintar berbasis android miliknya.

Saat kamera dihadapkan ke arah timur, layar telepon menampilkan berbagai ikon di lokasi destinasi yang ada bagian tersebut seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi, dan Taman Blambangan.

Dan ketika salah satu ikon diklik, langsung muncul penunjuk arah jalan menuju tempat tersebut dan jaraknya. Klik berikutnya, akan memunculkan informasi seputar tujuan wisata itu.

"Aplikasi ini akan sangat memudahkan bagi wisatwan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini," kata Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur itu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi Yanuar Bramuda mengatakan aplikasi itu menampilkan gambaran tiga dimensi kondisi lingkungan yang sebenarnya seketika, namun tampilannya lebih baik dan lebih detail daripada fitur Google.

"Banyuwangi in Your Hand bisa melihat seluruh isi di Banyuwangi," kata Bramuda.

Dia mengatakan aplikasi itu akan dihubungkan dengan aplikasi serupa seperti Europe in Your Hands dan Australia in Your Hands, berpromosi dengan memungkinkan warga Eropa dan Australia mengakses aplikasi informasi wisata Banyuwangi seperti dilansir dari laman antaranews.




Berita Lainnya
PMI Jatim & Jateng; Galang Kesiapsiagaan

Jawa Tengah, Kabarindo- Mengantisipasi dampak musim hujan, PMI Provinsi Jawa Tengah dan PMI Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Platfrom Bengawan Solo dan Pertemuan Forum Sibat (Siaga Bencana


Made In Rusia; Usung Kuliner & Produk Sambangi Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Untuk pertama kalinya produsen makanan Rusia datang ke Indonesia dan berpartisipasi dalam acara makanan internasional yang bertajuk SIAL Interfood Inspire Food Business Jakarta 2017 di


Indosat Ooredoo; Rayakan 50 Tahun Layani Masyarakat

Surabaya, Kabarindo- Indosat Ooredoo merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dan menegaskan komitmennya dalam mendukung program pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia.

Komitmen tersebut direfleksikan dalam berbagai kegiatan


Segar & Sehat; Dengan Minuman Dari Aloe Vera

Surabaya, Kabarindo- Aloe vera yang lebih dikenal sebagai lidah buaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dari sisi kesehatan, tanaman bergerigi dan berwarna hijau ini