Palang Merah Indonesia; Gandeng Zurich Insurance



Kontributor : Teks: Selvianna Carolusia / Foto2: Ist

Dalam meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap banjir di Indonesia

Jakarta, Kabarindo- Zurich Insurance Indonesia (Zurich) dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Kemarin (25/7) sukses menandatangani nota kerja sama di bidang pengurangan risiko bencana banjir berbasis masyarakat. Perjanjian ini, yang meliputi komitmen lima tahun dengan total anggaran hingga 5 juta Swiss Franc, merupakan bagian dari program ketahanan banjir Zurich Insurance Group, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi banjir dengan cara-cara inovatif untuk memaksimalkan dampak dari segala upaya pengurangan risiko bencana di masyarakat pada tingkat nasional dan global. Ahli risiko Zurich akan bekerja sama dengan PMI dan instansi terkait lainnya untuk menjalankan cara inovatif untuk meningkatkan pencegahan risiko dan mitigasi bencana banjir.

Geoff Riddell, Pimpinan Zurich untuk Asia Pasifik, Timur Tengah & Afrika, berkomentar: "Komitmen kami bagi masyarakat juga termasuk penggunaan bakat, waktu dan sumber daya yang kami miliki agar dapat memberikan dampak berarti pada peningkatan ketahanan masyarakat terhadap risiko dan tantangan yang mereka hadapi. Kami mengucapkan terima kasih kepada Palang Merah Indonesia untuk kesempatan kerja sama ini bagi masa depan Indonesia yang lebih baik. "

Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI, berkomentar: "Kami sangat berterima kasih atas adanya kerjasama antara PMI dan Zurich Insurance untuk 5 tahun ke depan ini. Pengurangan Risiko adalah salah satu kegiatan prioritas PMI, terutama untuk meningkatkan kemampuan komunitas  dalam mengurangi dampak dari risiko bencana alam. Dengan meningkatkan kapasitas komunitas, Saya harap masyarakat akan menjadi lebih waspada terhadap bencana yang bisa terjadi di setiap waktu."

Bencana Banjir di Indonesia
Sebuah studi oleh ahli Indonesia mencatat bahwa Indonesia telah mengalami lebih dari 60 bencana banjir selama 10 tahun terakhir, yang menjadikannya salah satu negara paling rawan banjir di Asia Tenggara. Hampir setiap provinsi di Indonesia menghadapi risiko banjir dan bahkan di kota-kota besar seperti Jakarta, banjir telah menjadi risiko utama.

Selain tingginya tingkat curah hujan tropis yang bisa mencapai hingga 3.000 mm per tahun, sistem drainase yang kurang memadai, migrasi ke kota-kota besar dan daerah penyerapan air yang semakin sedikit karena perluasan perumahan dan industri, sering disebut-sebut sebagai penyebab utama. Bahkan hampir semua kota besar di Indonesia berada di daerah dataran rendah dekat pantai, membuat wilayah ini sebagai lintasan sungai-sungai yang turun dari bagian pegunungan di tengah pulau membawa banjir dalam jumlah besar. Oleh karena itu, dari tahun ke tahun semakin banyak orang yang menderita akibat serangan banjir.

Wirahadi Suryana, Direktur Zurich Insurance Indonesia, berkomentar: "Melihat apa yang terjadi dengan banjir di Indonesia saat ini, kami melihat ketidakseimbangan antara sedikitnya mitigasi sebelum bencana jika dibandingkan dengan upaya bantuan pasca bencana. Kami percaya dengan keahlian dan pengalaman PMI yang luas dan pengetahuan kami, kita akan dapat mengisi kesenjangan ini. Di sisi bisnis, kesadaran masyarakat dan kesiapsiagaan akan membantu Zurich untuk mengelola risiko secara aktif dengan melayani pelanggan melalui produk asuransi properti. "

Lingkup Kolaborasi
Sebagaimana disepakati dalam memorandum, kerjasama secara khusus bertujuan untuk:
- Meningkatkan ketahanan masyarakat pada bencana banjir;
- Meningkatkan solusi pengurangan resiko bencana yang efektif;
- Mengembangkan, meningkatkan pengetahuan dan keahlian mengenai bencana banjir;
- Mengadvokasi para pemegang kebijakan dan pendonor terhadap kebijakan pengurangan resiko bencana.

Untuk memenuhi lingkup ini, kegiatan awal yang mencakup kunjungan lapangan, penelitian dan lokakarya yang melibatkan keahlian lintas sektoral dari pihak terkait, akan segera dimulai.

Wirahadi Suryana, Direktur Zurich Insurance Indonesia, juga menambahkan: "Kami akan mulai dengan mengumpulkan pengetahuan dan informasi yang mendalam, konsisten dan memadai dari berbagai sumber sebanyak mungkin di mana saja di negara ini. Setelah itu kita akan memiliki sesi diskusi dengan PMI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), akademisi lokal, ilmuwan, LSM dan lembaga lainnya ". Pada akhir tahun ini Zurich dan PMI menargetkan untuk memiliki rencana aksi lima tahun dalam membangun kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir yang akan dapat diadaptasi ke seluruh negeri. Selama masa kerjasama ini, tim akan memberikan informasi kelanjutan program kepada publik.

Zurich Insurance Group (Zurich) adalah penyedia jasa asuransi terkemuka yang memiliki jaringan global melalui anak perusaahaan dan kantor-kantor di Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin, Asia Pasifik dan Timur Tengah juga di pasar asuransi lainnya. Kami memberikan layanan dan produk asuransi umum dan asuransi jiwa yang lengkap untuk perorangan, usaha kecil dan menengah, perusahaan besar dan juga perusahaan multinasional. Zurich didukung oleh lebih dari 60,000 karyawan yang melayani nasabah di lebih dari 170 negara. Berdiri sejak tahun 1872, Grup yang sebelumnya dikenal dengan Zurich Financial Services Group ini berkantor pusat di Zurich, Swiss. Perusahaan induk Zurich Insurance Group Ltd (ZURN) terdaftar di bursa SIX Swiss Exchange dan mendapat level I American Depositary Receipt program (ZFSVY), yang diperdagangkan di seluruh OTCQX. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di website: www.zurich.com.




Berita Lainnya
Agus Salim 'The Grand Old Man'; Dilayarlebarkan

Pavillon Petogogan, Kebayoran, Jakarta, Kabarindo- Anda tentu sudah mengenal baik sosok pahlawan fenomenal, cerdas, humanis Hadji Agus Salim -1884-1954 ?

Yah, anak Minang yang berjuluk 'The


250 Perempuan Dari 27 Provinsi Di Indonesia; Ikut Hibah Cipta Media Ekspresi


Jakarta, Kabarindo- Satu bulan menjelang tutup pendaftaran, Cipta Media Ekspresi - hibah untuk perempuan pelaku kebudayaan di segala bidang seni - telah menerima lebih dari 250


Donasi TopDonasi100 TokoPedia; Makin Diminati

JAKARTA, Kabarindo– Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation) bekerja sama dengan Tokopedia melakukan penyerahan donasi Rp100 yang dihimpun dari Toppers (pengguna Tokopedia) kepada Lembaga Pembinaan Khusus Anak


ZALORA; Giatkan KAMPANYE "OWN NOW"

Jakarta, Kabarindo- ZALORA, destinasi fashion online terbesar di Asia, kembali meluncurkan kampanye terintegrasi di 6 negaranya.

Kampanye ini menempatkan fokus pada ZALORA sebagai fashion enthusiast