Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

Beranda > Iptek > Yuk Simak Bagaimana Cara Memilih Kampus Teknik Informatika

Yuk Simak Bagaimana Cara Memilih Kampus Teknik Informatika

Iptek
Oleh : Orie Buchori

BAGIKAN :
Yuk Simak Bagaimana  Cara Memilih Kampus Teknik Informatika

KABARINDO, JAKARTA -  Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus tumbuh pada 2025 melalui pembangunan digital yang berfokus pada internet seluler, teknologi awan (cloud), internet of things (IOT), serta big data dan analitik canggih. Perkiraan dari Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO (International Labour Organization) tersebut juga mendandakan bahwa lulusan Teknik Informatika memiliki masa depan yang cerah dalam hal peluang kerja.


Namun demikian, bagi generasi muda yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan memilih jurusan Teknik Informatika harus cermat dalam memilih Perguruan Tinggi yang tepat.Sebab selain perkembangan teknologi yang sangat pesat, berbagai hal juga harus dipertimbangkan. Misalnya peluang kerja global yang menuntut skill bahasa dan lain-lain. Maka hal-hal seperti ini perlu diperhatikan:

Kurikulum

Perkembangan teknologi terutama teknik informatika berkembang sangat pesat. Maka akan lebih baik jika masuk ke Perguruan Tinggi yang memiliki kurikulum up to date. Apalagi jika disesuaikan dengan kebutuhan industri terkini. Maka apa yang akan dipelajari akan sangat cocok di dunia kerja.


Kemudahan Belajar Nantinya lulusan teknik informatika tidak selalu harus bekerja dari kantor. Namun ada juga kampus yang menawarkan fleksibilitas belajar dengan metode hybrid learning. Buat para mahasiswa yang sudah bekerja, hal ini tentu sangat membantu karena tidak setiap saat harus tatap muka dalam perkuliahan.


Fasilitas

Fasilitas yang tersedia harus bisa menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja.Misalnya koneksi internet berkecepatan tinggi di kampus, komputer dengan spesifikasi terkini dengan perangkat lunak yang memang jamak dipakai di dunia kerja. Sehingga apa yang dipelajari bisa diasah dan
dilatih dengan sempurna.

Kemitraan dengan Dunia Industri

Kampus yang memiliki kemitraan dengan dunia industri akan lebih cepat mendapatkan insight terbaru dari dunia kerja mengenai apa yang dibutuhkan oleh dunia industri dari seorang lulusan jurusan Teknik Informatika. Selain itu, makin dekat sebuah kampus dengan dunia industri berarti makin besar kemungkinan lulusannya diterima oleh perusahaan tersebut.


Soft Skill
Tantangan ke depan bagi lulusan Teknik Informatika adalah pasar bebas dunia kerja yang artinya terbukanya peluang kerja di luar negeri. Namun tentu kampus harus menyediakan keterampilan berupa soft skill yang mendukung misalnya kemampuan berbahasa Inggris. Tingkat Penyerapan Kerja Lulusan Kampus yang baik umumnya kerap mengadakan tracer study atau survey alumni untuk mengetahui sejauhmana lulusannya diterima di pasar kerja. Bisa dibilang tingkat penyerapan lulusan yang tinggi dari suatu kampus berarti masa depan yang cerah bagi lulusannya.

Biaya

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan adalah biaya. Selain biaya per semester, juga harus dipertimbangkan apakah sistem atau metode pembayaran yang disediakan kampus yang diincar cukup fleksibel.


Beasiswa

Masih berhubungan dengan biaya, cek juga apakah kampus dengan jurusan Teknik Informatika yang dituju juga menyediakan beasiswa dengan syarat yang mudah. Nah, salah satu kampus yang menyediakan hal-hal yang sudah disebutkan di atas adalah STMIK Horizon Karawang yang beralamat di Jalan Pangkal Perjuangan by Pass No.KM 1, Tanjungpura, Karawang dan dimiliki oleh Yayasan Pendidikan Tri Putra Horizon Education.


Kurikulum di STMIK Horizon Karawang selalu up to date karena merupakan hasil konsultasi dengan dunia industri terkini serta kemitraan dengan Triputra Grup dan Persada Capital Investama yang merupakan dua holding company besar di Indonesia yang dikenal lewat sejumlah unit usaha di bidang agribisnis, pertambangan, pedagangan dan jasa, konstruksi, sampai kesehatan. Juga tersedia metode hybrid learning bernama RAM Learning yang cocok untuk mahasiswa bekerja.

Untuk menggembleng mahasiswanya dengan kemampuan berbahasa Inggris, STMIK Horizon Karawang juga memiliki program Global Workplace English Program (GWEP) yang bukan hanya diberikan untuk mahasiswa STIMIK dan STIKes Horizon Karawang saja namun juga bagi staff dan dosen agar tercipta
atmosfir berbahasa Inggris di kampus.


Tak heran jika menurut riset tracer study yang dilakukan, 97 persen lulusan STMIK Horizon Karawang terserap oleh pasar kerja. Bahkan banyak diantara para mahasiswa STMIK Horizon Karawang yang sudah mendapat pekerjaan sebelum lulus. Dengan segala keunggulan tersebut STMIK Horizon Karawang yang menyediakan jurusan S1 Informatika,


S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi dan D3 Sistem Informasi Akuntansi untuk kelas reguler serta jurusan S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi dengan akreditasi BAIK dari BAN-PT juga menyediakan pendidikan dengan harga terjangkau, pembayaran yang fleksibel, bahkan juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER