Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Wisuda ke-39, Dr. H. Zainal Nur Arifin: Tahun Ini PNJ Luluskan 1.947 dengan Mulai Sematkan Indah Kuncir Disaksikan Orang Tua!

Wisuda ke-39, Dr. H. Zainal Nur Arifin: Tahun Ini PNJ Luluskan 1.947 dengan Mulai Sematkan Indah Kuncir Disaksikan Orang Tua!

Iptek | Sabtu, 7 Oktober 2023 | 17:23 WIB
Editor : Orie Buchori

BAGIKAN :
Wisuda ke-39, Dr. H. Zainal Nur Arifin: Tahun Ini PNJ Luluskan 1.947  dengan Mulai  Sematkan Indah Kuncir Disaksikan Orang Tua!

KABARINDO, DEPOK -  Perguruan Tinggi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) pada hari Jum’at dan Sabtu,  6-7 Oktober 2023 melaksanakan Dies Natalis Ke-41 dan Wisuda Ke-39: Program Magister Terapan, Program Sarjana Terapan, dan Program Diploma, Tahun Akademik 2022/2023.

Pada Wisuda tahin ini, Ketua Panitia Wisuda PNJ Ke-39 : Isnanda Nuriskasari, S.Si.,M.T, mengungkapkan  mengusung tema “Rising Beyond Boundaries: Embracing the PNJ Spirit of Excellence” secara offline bertempat di Balairung Universitas Indonesia dengan spirit yang baru setelah lepas dari masa Pandemi Covid-19.

"Pada Wisuda Tahun Akademik 2022/2023, Politeknik Negeri Jakarta mewisuda 1.947 lulusan, terdiri dari 952 wisudawan dan 995 wisudawati," paparnya.

Sampai saat ini perguruan tinggi tersebut telah menghasilkan 43.979 lulusan terdiri atas 27.789 lulusan bidang rekayasa dan 16.190 lulusan bidang tata niaga.

Dari data tersebut terlihat bahwa pada bidang Rekayasa, lulusan terbanyak dari Jurusan Teknik Elektro, sementara pada bidang non-rekayasa, yang terbanyak dari Jurusan Akuntansi. 

Tahun ini  lulusan terbanyak berjenjang diploma III sebesar 56%, diikuti jenjang sarjana terapan sebesar 43%. Dari keseluruhan lulusan terdata sebanyak 1.213 orang (62%) dengan predikat cumlaude.

Wisuda ke-39, Dr. H. Zainal Nur Arifin: Tahun Ini PNJ Luluskan 1.947  dengan Mulai  Sematkan Indah Kuncir Disaksikan Orang Tua!

"Acara wisuda kali ini berbeda dari tahun-sebelumnya di.mana digelar di Sentul selama 1 hari dan sekarang di Bakairung Universitas Indonesia secata offlinenya secara khusus digelar selama 2 hari atau 2 sesi di mana semua siswa di Indah Kuncir yang disematkan oleh Direktur PNJ yang sebelumnya tidak ada hanya perwakilan saja dan saksikan kedua orang tuanya" papar Direktur PNJ Dr. sc. H. Zainal Nur Arifin, usai acara wisuda PNJ di Balairung UI Depok, pada awak media, Sabtu (7/2023).

Dr. Zainal Nur Arifin pun berharap gelaran wisuda seperti dilakukan berkesinambungan setiap tahunnya ini

Dari keseluruhan lulusan, lanjut Dr. H. Zainal Nur Arifin yang didampingi pula oleh Nunung Martina, S.T., M.Si, Wakil Direktur Bid. Akademik, terdapat 191 lulusan (9,8%) dari program kerja sama Pendidikan, yakni dengan (i) PT Solusi Bangun Indonesia, (ii) CCIT Fakultas Teknik Universitas Indonesia, (iii) Management and Science University, Malaysia, (iv) Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, (v) Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta (ITKJ), dan (vi) Asia e University (AeU).

Proses Pendidikan tersebut mulai dari kegiatan (i) Pengenalan Kegiatan Kampus/PKKP PNJ, (ii) Proses Belajar Mengajar, baik teori maupun praktik), (iii) Praktik Kerja Lapangan, (iv) Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester, serta (v) Sidang Tugas Akhir/Skripsi, yang pada akhirnya dapat mengantarkan para mahasiswa dinyatakan lulus dan diwisuda pada hari ini.

Wisuda ke-39, Dr. H. Zainal Nur Arifin: Tahun Ini PNJ Luluskan 1.947  dengan Mulai  Sematkan Indah Kuncir Disaksikan Orang Tua!

Selain itu pula, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2023 telah dijalankan. Program Magang dan Studi Independen (sebanyak 306 mahasiswa), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Inbound 68 mahasiswa dan Outbound 17 mahasiswa), IISMAVO (27 mahasiswa), Kewirausahaan Kampus Merdeka (2 mahasiswa), dan Kampus Mengajar (1 mahasiswa). Pada program International Student Mobility 2023, mahasiswa PNJ mengikuti Program Co-funding dan beasiswa Erasmus di Ondokuz Mayis University-Turki, dan melaksanakan magang di Liuzhou Vocational and Technical Collage (LVTC),  lembaga pendidikan kejuruan di China, serta magang di LiuGong, industri besar di Liuzhou, China.

Sejumlah prestasi yang ditorehkan untuk mendukung PNJ dalam melakukan perubahan, salah satunya adalah Penguatan Centre of Technology. Tahun ini, PNJ telah meresmikan PUTI (Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur), PUTOI (Pusat Unggulan Teknologi Otomatsi Industri), dan Pusat Unggulan Teknologi Center for Conversion, Conservation, and Applied Renewable Energies (PUT–CARE) dengan produk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Tenaga Surya. Oleh karena itu, kami memanjatkan rasa syukur kepada Allah Swt. atas prestasi dan kebanggaan yang telah dicapai Politeknik Negeri Jakarta. 

“Anak-Anakku, Para Wisudawan-Wisudawati yang Berbahagia. Selama masa studi yang telah dijalani, tanpa kenal lelah dan dengan disiplin tinggi, Saudara telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga Saudara diwisuda pada pagi ini. Kami bangga atas ketekunan dan daya juang kalian sehingga mampu menyelesaikan studi dengan baik.” Ujar Dr. H. Zainal Nur Arifin.

Pada tanggal 20 September tahun 2023, Politeknik Negeri Jakarta mensyukuri, memperingati, dan merayakan hari ulang tahun kelahiran yang ke-41. Dies Natalis Ke-41 Tahun 2023 ini mengusung tema "The Resilience PNJ: The Capacity to Bounce Back Even After Difficulties".

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan antara lain Pekan Inovasi ke-Tahun 2023, PNJ Direktur Cup, dan Project Based Learning Expo serta acara puncak, yakni Sarasehan dengan agenda Laporan Kinerja Direktur serta Pelepasan Pegawai Purnabakti tahun 2023. Acara Sarasehan tersebut telah dilaksanakan pada 23 September 2023, di Aula Lantai 3 Gedung Perpustakaan PNJ.

Dr. H.  Zaenal Nur Arifin mejjelaskan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka 2023 telah dijalankan seperti Program Magang dan Studi Independen (sebanyak 306 mahasiswa), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (Inbound 68 mahasiswa dan Outbound 17 mahasiswa).

Selanjutnya Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Vokasi (IISMAVO) sebanyak 27 mahasiswa, Kewirausahaan Kampus Merdeka (2 mahasiswa), dan Kampus Mengajar (1 mahasiswa).

Pada program International Student Mobility 2023, mahasiswa PNJ mengikuti Program Co-funding dan beasiswa Erasmus di Ondokuz Mayis University-Turki, dan melaksanakan magang di Liuzhou Vocational and Technical Collage (LVTC), lembaga pendidikan kejuruan di China, serta magang di LiuGong, industri besar di Liuzhou, China.

Lebih lanjut Zainal menjelaskan sejumlah prestasi yang ditorehkan untuk mendukung PNJ dalam melakukan perubahan, salah satunya adalah Penguatan Centre of Technology.

Menurut dia PNJ telah meresmikan PUTI (Pusat Unggulan Teknologi Infrastruktur), PUTOI (Pusat Unggulan Teknologi Otomatsi Industri), dan Pusat Unggulan Teknologi Center for Conversion, Conservation, and Applied Renewable Energies (PUT–CARE) dengan produk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Tenaga Surya. Foto: Orie Buchori


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER