Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Wings Group Indonesia Gandeng DLH Jatim; Bersihkan Kali Tengah Gresik

Wings Group Indonesia Gandeng DLH Jatim; Bersihkan Kali Tengah Gresik

Berita Utama | Kamis, 17 September 2020 | 14:41 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Wings Group Indonesia Gandeng DLH Jatim; Bersihkan Kali Tengah Gresik

Wings Group Indonesia Gandeng DLH Jatim; Bersihkan Kali Tengah Gresik

Imbau masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan sosialisasikan kelestarian alam, khususnya di daerah aliran sungai

Surabaya, Kabarindo- Wings Group Indonesia melalui Wings Surya bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menunjukkan bentuk tanggung jawab sosial terhadap lingkungan dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih Kali Tengah, Driyorejo, Gresik, tepatnya di area muara sungai, pada Kamis (17/9/2020).

Acara bertajuk “Gerakan Adopsi Sungai Brantas” ini melibatkan beragam elemen mulai dari DLH Provinsi Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, TNI AL Korps Marinir, Brigade Infanteri 2 Marinir, Perum Jasa Tirta 1 Divisi Asa 2 Surabaya dan perangkat desa di wilayah Kali Tengah, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Lilik Sianto, Manager Marketing Support Wings Surya, mengatakan Wings Surya berkomitmen memberikan kesadaran kepada masyarakat yang tinggal di sekitar area muara Kali Tengah tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta menyosialisasikan pentingnya kelestarian alam, khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS).

“Penting sekali mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, karena berdampak buruk seperti pencemaran air, penumpukan sampah hingga banjir. Kami telah dan akan terus berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah sesuai jenisnya, mengimbau masyarakat untuk melakukan kegiatan daur ulang dan re-use kemasan plastik demi menjaga kesehatan sungai. Plastik bernilai ekonomis dan dapat digunakan untuk membuat barang-barang yang berguna,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Sinarto, mengapresiasi upaya pembersihan wilayah air ini. Ia mengatakan, daerah yang dekat dengan operasional perusahaan memiliki banyak skema yang harus dilakukan untuk membuat lingkungan lebih bersih. Ia berharap perusahaan-perusahaan yang lain melakukan kegiatan serupa agar lingkungan di Jatim dapat terjaga dengan baik.

Kepala Divisi Jasa Tirta Asa 2, Arief Budiantono, menambahkan kegiatan tersebut merupakan contoh yang baik mengingat sungai dibutuhkan oleh masyarakat. Kondisi air sungai Kali Tengah perlu dicermati bersama, karena kualitas airnya sudah sangat berkurang. Kegiatan tersebut diharapkan setidaknya bisa mengurangi sampah di Kali Tengah.

Muara Kali Tengah di desa Bambe, Driyorejo, Gresik, terpilih menjadi lokasi kegiatan setelah tim Wings Surya melakukan survei dan kajian bersama DLH Pemprov Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai, Perum Jasa Tirta dan pejabat desa setempat. Kali Tengah mengalir dari Gresik hingga tersambung ke Kali Brantas di Surabaya dan kerap menimbulkan banjir.

Untuk mempercepat pembersihan muara dari sampah, didatangkan dua ekskavator untuk membersihkan sampah yang berasal dari rumah tangga yang dibuang sembarangan, karena kurangnya kesadaran masyarakat. Dampak sampah adalah pencemaran yang dapat mempengaruhi kehidupan warga sekitar secara langsung maupun tidak langsung.

Pada kesempatan tersebut, Wings Surya memberikan bantuan tempat sampah ukuran 600 liter kepada warga setempat. Lilik berharap, masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar Kali Tengah.

Wings Group berkomitmen dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama sungai dan laut. Pada 2019 lalu, Wings bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla) mengadakan kegiatan bersih-bersih Pantai Utara Jakarta, di sekitar area Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara. Acara bertajuk “Gerakan Cinta Laut” tersebut melibatkan Kepolisian Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Perhubungan, Dirjen Bea Cukai, TNI AL, Pemda DKI dan masyarakat setempat.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER