Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Webtoon Contest 2019; Dukung Penggiat Kreatif di Indonesia

Webtoon Contest 2019; Dukung Penggiat Kreatif di Indonesia

Berita Utama | Kamis, 11 April 2019 | 14:11 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Webtoon Contest 2019; Dukung Penggiat Kreatif di Indonesia

Webtoon Contest 2019; Dukung Penggiat Kreatif di Indonesia

Ada empat kategori kompetisi yaitu Paling Kocak, Paling Epik, Paling Menyentuh dan Paling Ngeri

​Surabaya, Kabarindo- Line Webtoon kembali menyelenggarakan Webtoon Contest 2019 untuk mendukung para komikus lokal dalam mengembangkan bakat mereka.

Melalui misinya, Closing the Distance, yang bertujuan untuk mendekatkan jarak antara pengguna dengan berbagai layanan, LINE Indonesia berharap dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi para kreator lokal untuk terus meningkatkan bakat dan partisipasi mereka. Salah satunya melalui Webtoon Contest yang diharapkan bisa mendorong dan mengembangkan industri kreatif di tanah air.

Webtoon Contest diselenggarakan pertama kali pada 2015 dan telah menghasilkan berbagai karya terkenal seperti Annisa Nisfihani (Pasutri Gaje), Archie the RedCat (Eggnoid dan Shinshinhye (Flawless) sebagai pemenang. Karya mereka telah ditayangkan di Line Webtoon AS, Thailand, Taiwan, Cina dan Jepang. Juga akan diangkat ke film layar lebar dalam waktu dekat.

Webtoon Contest kali ini menghadirkan format kompetisi baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Format baru menyajikan 3 babak dan 4 kategori kompetisi dengan total hadiah sebesar Rp.290 juta dan kesempatan untuk menjadi webtoonist resmi di Line Webtoon. Keempat kategori tersebut adalah kategori Paling Kocak yang bergenre Komedi Slice of Life dan Tips & Trik, Paling Epik yang bergenre Fantasi, Aksi, Superhero dan Sejarah, kategori Paling Menyentuh yang bergenre Romantis dan Drama serta kategori Paling Ngeri yang bergenre thriller dan horor.

“Sebagai platform terbesar untuk para penggiat komik, Line Webtoon berupaya untuk terus memberikan kesempatan dan menyediakan wadah bagi komikus-komikus lokal agar bisa lebih mengasah bakat mereka serta membantu untuk lebih mengembangkan industri kreatif di Indonesia,” kata Ghina Fianny, Manager LINE Webtoon.

Pendaftaran untuk mengikuti Webtoon Contest sudah dibuka di https://www.webtoons.com/id/challenge/contest/id-contest-2019. Kategori Paling Kocak mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 6 episode dengan minimal panel per episode 10 buah. Namun kategori Paling Epik, Paling Menyentuh dan Paling Ngeri mengharuskan peserta untuk mengirimkan minimal 3 episode dengan minimal panel per episode 30 buah.

Pada Webtoon Contest kali ini, kriteria penilaian dipengaruhi oleh tiga faktor. Faktor pertama adalah hasil voting dari pembaca dengan porsi sebanyak 20% dari porsi keseluruhan. Kemudian faktor kedua berdasarkan hasil dari performa sebanyak 20% dan penilaian dewan juri sebesar 60% yang terdiri atas 40 poin untuk originalitas dan kretivitas cerita, 30 poin untuk gambar yang unik dan sesuai dengan genre serta 30 poin untuk keterbacaan.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER